kumparan
Tekno & Sains20 Maret 2020 10:17

6 Keunggulan Telegram Dibanding WhatsApp

Konten kiriman user
n7bjdsdqbosmgzjxyrae.jpg
Ilustrasi Telegram. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Telegram hadir pada 2013 menyusul aplikasi pesan instan WhatsApp yang sudah lebih dulu ada sejak 2009. Keduanya saat ini masih bersaing menarik perhatian pengguna dengan layanan yang diberikan.
ADVERTISEMENT
Walaupun sering dianggap sama, nyatanya Telegram memiliki beberapa keunggulan dari WhatsApp. Salah satunya dari sisi keamanan.
Penasaran bagaimana sistem keamanan di Telegram? Dan apa saja keunggulan lain dari Telegram? Simak ulasannya berikut ini.

Multi Profile

Telegram membebaskan penggunanya untuk mengganti atau menambah nomor, tanpa khawatir risiko kehilangan obrolan atau kontak. Sehingga si pengguna dapat memiliki banyak profil.
Caranya cukup mudah. Hanya dengan membuka pengaturan dan pilih 'ketikkan nomor'. Setelah itu, ubah nomor dan ikuti instruksi selanjutnya. Jika sudah berhasil, semua pesan akan dipindahkan ke nomor baru dan Telegram juga akan menambah semua kontak ke sana.

Ruang Penyimpanan di Cloud

Jika WhatsApp menyediakan ruang penyimpanan berkapasitas 1,5 GB, lain halnya dengan Telegram. Aplikasi yang diciptakan oleh kakak beradi Durov ini memberikan layanan ruang penyimpanan Cloud yang jauh lebih besar.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, Telegram dapat menyimpan semua pesan teks, gambar, video, dokumen dan file lainnya yang dikirim serta diterima pengguna. Pengguna juga bebas log-in atau log-out kapan pun dari sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa takut kehilangan data.

Pesan Rahasia

rcvv7hoz5skvkcsm5vbi.jpg
lustrasi Telegram. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Keamanan di Telegram tidak perlu diragukan lagi. Sejak awal, Telegram sudah memfasilitasi pengguna dengan layanan pesan rahasia atau secret chat.
Dengan pesan rahasia ini, pengguna dapat mengirim pesan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah mencapai waktu tersebut, nantinya pesan akan terhapus secara otomatis.

Kapasitas Grup yang Besar

Meski kapasitas standarnya adalah 200 orang, Telegram menyediakan layanan Super Group agar penggunanya dapat menampung 5000 orang dalam sebuah grup. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya mampu menampung 200 orang per grup.
ADVERTISEMENT

Pesan Bot

Sistem pesan bot otomatis ini kerap dipandang remeh. Padahal melalui pesan bot, pengguna dapat menerima segala pemberitahuan dan berita.
Selain itu, bot bisa menghubungkan kita dengan orang yang memiliki minat atau kedekatan yang sama. Sistem pesan bot pada Telegram juga tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan.

Opsi Pengiriman File

Di WhatsApp, pengguna kerap kali mengompres file yang penggunanya kirim atau terima, maka Telegram menyediakan dua fitur pilihan. Antara file dengan bentuk asli atau file dapat diperkecil dengan ukuran maksimal 1,5GB.
(Rav)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan