News
·
27 Oktober 2020 8:00

Apa Arti Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Apa Arti Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia? (538502)
Kongres Sumpah Pemuda. (Foto: perpusnas.go.id)
Tanggal 28 Oktober 1928 menjadi momen di mana golongan pemuda Indonesia mencetuskan ikrar Sumpah Pemuda. Momen ini menjadi tonggak awal bersatunya pemuda-pemudi untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sumpah Pemuda dicetuskan dalam Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928 di Museum Gedung Kramat, Jakarta Pusat. Ikrar ini memuat cita-cita bangsa Indonesia ke dalam tiga butir, di antaranya:
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah dari yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda tidak dibuat dengan sembarangan. Ikrar ini menyimpan sejumlah arti mendalam untuk bangsa Indonesia. Keberadaannya menjadi jejak perjuangan golongan pemuda untuk Tanah Air.
Apa Arti Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia? (538503)
Museum Sumpah Pemuda Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Ketiga butir ikrar ini berupaya menanamkan persatuan dan nasionalisme. Butir pertama mengandung arti bahwa sebagai warga negara Indonesia, kita harus terus menjaga, mengharumkan, dan memperjuangkan Indonesia hingga titik darah penghabisan.
ADVERTISEMENT
Butir kedua memuat nilai tentang toleransi, persatuan, dan kesatuan. Meskipun masyarakat Indonesia terdiri dari suku dan budaya yang berbeda-beda, bangsa Indonesia tetaplah satu kesatuan.
Kemudian, butir ketiga menegaskan bahwa bangsa Indonesia menjunjung satu bahasa, yaitu Bahasa Indonesia yang menjadi identitas Tanah Air.
(GTT)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white