News
·
1 April 2021 12:50

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum (135320)
searchPerbesar
Ilustrasi mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum. Foto: Shutterstock
Selain minal aidin wal faizin, salah satu ucapan yang sering terdengar saat umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri adalah taqabballahu minna wa minkum. Ini merupakan kalimat yang diucapkan para sahabat nabi saat hari raya.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana yang termaktub dalam hadits, dari Jubair bin Nufair, ia berkata:
Dahulu para sahabat Nabi shalallahu’alaihi wasallam mengucapkan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ ketika saling bertemu di hari Idul Fitri.” Al-Hafidz (Ibnu Hajar) mengatakan sanad hadits ini hasan.
Hadits tersebut juga dipertegas dalam penjelasan hadits lainnya yang diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah, bahwa salah seorang ulama, Harb mengatakan:
Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.
Lalu, apa arti dari taqabbalallahu minna wa minkum yang diucapkan para sahabat nabi? Bagaimana cara menjawabnya? Berikut ulasan lengkapnya.
Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum (135321)
searchPerbesar
Ilustrasi mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum. Foto: Shutterstock

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Saat merayakan hari raya, umat Muslim dianjurkan untuk mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum. Anjuran itu tak lepas dari arti kalimat tersebut yang bukan sekadar ucapan, melainkan juga sebuah doa.
ADVERTISEMENT
تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ
Taqabbalallahu minna wa minkum
Artinya: “Semoga Allah SWT menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.”
Pada bulan suci Ramadhan, seluruh umat Muslim melakukan puasa, shalat tarawih, serta amalan lainnya lebih sering dari biasanya. Dengan mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum, umat Muslim saling mendoakan agar semua amalan yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan diterima oleh Allah SWT.
Perlu dicatat, ucapan itu itidak hanya berlaku pada hari raya Idul Fitri saja, tetapi juga dianjurkan untuk diucapkan saat Idul Adha.

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Ucapan taqabbalallahu minna wa minkum merupakan sebuah doa bagi sesama Muslim. Karena itu, jika mendapatkan ucapan tersebut, sebaiknya seorang Muslim menjawabnya dengan ucapan yang sama, yaitu taqabbalallahu minna wa minkum.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga ditegaskan dalam sebuah hadits. Dari Syu’bah bin Al Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)
Hadits tersebut sesuai dengan perintah Allah dalam Al Quran. “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (QS. An Nisa: 86)
(ADS)