kumparan
search-gray
Tekno & Sains26 Februari 2020 17:54

Atasi Nyeri Sakit Gigi dengan 5 Bahan Alami Ini

Konten kiriman user
nqxl3n4qar1kgbja4uop.jpg
Ilustrasi Sakit Gigi. Foto : Thinkstock
Sakit gigi tidak hanya menimbulkan rasa nyeri saja. Kondisi ini juga sering disertai pembengkakan pada gusi sehingga menyebabkan kesulitan membuka mulut dengan lebar. Aktivitas makan dan berbicara pun akan terganggu.
ADVERTISEMENT
Intensitas rasa nyeri yang ditimbulkan bervariasi. Mulai dari ringan hingga parah. Rasa nyeri juga bisa dirasakan secara terus menerus atau hilang timbul tak menentu.
Untuk sakit gigi dengan tingkat nyeri yang rendah, Anda bisa kok mengatasinya sendiri di rumah. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi.

Air Garam

Sejak dulu, berkumur dengan air hangat dan garam dikenal menjadi jurus ampuh untuk mengurangi sakit gigi. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami yang terbukti dapat membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gigi dan gusi.

Air Lemon

Lemon dipercaya memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri. Bakteri yang ada di dalam mulut pun dapat terbunuh dengan air lemon.
Penggunaan air perasan lemon sangat mudah. Dengan cara mengunakan kapas atau cotton bud yang ditetesi perasan lemon, lalu aplikasikan pada gigi yang terasa sakit.
ADVERTISEMENT

Bawang Putih

Kandungan allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri. Artinya, penggunaan bawang putih efektif untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Itu karena sering kali sakit gigi disebabkan oleh bakteri-bakteri jahat yang bersarang di dalam mulut.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan sumber agen antimikrobial yang dapat melawan bakteri pada mulut yang biasanya dihubungkan pada penyakit karies gigi atau periodontal (penyakit pada gigi dan gusi).
Minyak cengkeh dapat dipakai sebagai bahan aktif atau pembuatan obat kumur. Saat ini sudah banyak cairan pembersih mulut yang mengandung ekstrak dari minyak cengkeh.
Jadi kalau Anda tidak menemukan minyak cengkeh, bisa menggantinya dengan berkumur menggunakan larutan kumur yang mengandung cengkeh.

Obat Anti Nyeri

Untuk meredakan sakit gigi, ada beberapa pilihan obat yang biasanya sering digunakan, yaitu paracetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat. Obat ini dapat dibeli secara bebas di apotik tanpa menggunakan resep dokter.
ADVERTISEMENT
Bahan-bahan tersebut memang bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi dengan tingkat kesakitan rendah. Namun penggunaannya hanya bersifat sementara dalam meredakanrasa nyeri.
Namun, jika rasa sakit cukup parah dan tidak kunjung sembuh dalam waktu dua hari, bahkan disertai dengan demam, sesak napas, dan keluarnya cairan yang berbau tidak sedap, segera konsultasikan ke dokter gigi.
Meskipun sakit gigi tidak mengancam nyawa, tapi sakit gigi bisa jadi penanda dari kondisi serius.
(RAA)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white