News
·
5 Mei 2021 16:59

Bacaan Doa Sujud Syukur dan Tata Cara Melaksanakannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bacaan Doa Sujud Syukur dan Tata Cara Melaksanakannya (136798)
Ilustrasi sujud syukur. Foto: Freepik
Umat Muslim dianjurkan untuk senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah, salah satunya dengan sujud syukur.
ADVERTISEMENT
Sujud syukur berbeda dengan sujud yang biasa dilakukan saat sholat. Sujud syukur adalah sunnah yang dicontohkan Rasulullah saat mendengar kabar kembira dan memperoleh kenikmatan.
Tak hanya itu, sujud syukur dapat dilakukan umat Muslim saat terhindar dari bencana, sesudah menemukan jalan keluar dari suatu masalah, dan kenikmatan lainnya. Hal itu dijelaskan dalam riwayat hadits berikut ini.
Dari Abu Bakrah RA bahwa Rasulullah SAW apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segeralah beliau tunduk bersujud sebagai tanda bersyukur kepada Allah SWT.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi)
Lalu, bagaimana tata cara melaksanakan sujud syukur? Adakah bacaan doa tertentu yang dianjurkan saat sujud syukur?

Doa Sujud Syukur

Bacaan Doa Sujud Syukur dan Tata Cara Melaksanakannya (136799)
Ilustrasi sujud syukur. Foto: Pexels
Mengutip buku Sujud Syukur oleh Yusuf bin Abdul Aziz Ath-Thuraifi, sebenarnya tidak ada nash tegas yang menjelaskan adanya zikir atau doa tertentu dalam sujud syukur. Menurut sebagian ulama, yang dibaca ialah seperti yang dibaca dalam sujud tilawah, yaitu:
ADVERTISEMENT
سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِ
Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo samahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin.
Artinya: “Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi dan nasai)
Namun, dikutip dari buku Panduan Muslim Sehari-hari oleh DR. KH. M. Hamdan Rasyid, MA dan Saiful Hadi El-Sutha, sujud syukur juga dapat dilakukan dengan membaca doa berikut:
سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ ولا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُ
Subhanallah wal hamdu lillaahi wa laa ilaaha illallahu wallaahu akbar.
Artinya: “Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar, dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas izin Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung.”
ADVERTISEMENT

Tata Cara Sujud Syukur

Tata cara sujud syukur cukup mudah untuk dipraktikkan dan dilaksanakan. Adapun tata caranya yang adalah sebagai berikut:
  1. Menghadap kiblat
  2. Niat sujud syukur bersamaan takbiratul ihram
  3. Sujud satu kali dan membaca doa sujud syukur
  4. Duduk tanpa membaca tasyahud kemudian mengucapkan salam
Sebaiknya, umat Muslim senantiasa bersujud syukur kepada Allah SWT. Sebab, memperbanyak sujud dapat mendatangkan hikmah yang melimpah, salah satunya semakin dekat dengan Allah SWT.
(ADS)