News
·
5 Mei 2021 17:16

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain yang Diwakilkan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain yang Diwakilkan (295700)
Ilustrasi membayar zakat fitrah untuk orang lain. Foto: Flickr
Mengeluarkan zakat termasuk dalam rukun Islam yang harus dipenuhi umat Muslim untuk menyempurnakan agamanya. Salah satu yang wajib ditunaikan ialah zakat fitrah.
ADVERTISEMENT
Zakat fitrah dikeluarkan di bulan Ramadhan, mulai sejak awal Ramadhan hingga paling lambat sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Zakat fitrah tersebut nantinya akan disalurkan kepada para mustahik (penerima zakat).
Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan oleh setiap muslim. Zakat ini dikeluarkan berdasarkan jumlah anggota keluarga, baik perempuan maupun laki-laki, dari kecil hingga dewasa.
Mengutip buku Kumpulan Tanya Jawab Keagamaan yang disusun oleh PISS KTB (2015), muzakki atau orang yang mengeluarkan zakat boleh mewakilkan penyerahan zakatnya kepada orang lain, misalnya kepada petugas zakat.
Namun, perlu diperhatikan, niat zakat fitrah untuk orang lain yang diwakilkan berbeda dengan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan anggota keluarga. Lantas, bagaimana bacaan niatnya?
Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain yang Diwakilkan (295701)
Ilustrasi zakat fitrah. Foto: Unsplash

Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain

Dikutip dari buku Menggapai Surga dengan Doa oleh Achmad Munib M.Si, bacaan niat zakat fitrah untuk orang lain yang diwakilkan adalah sebagai beirikut:
ADVERTISEMENT
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Nawaitu 'an Ukhrija Zakatal Fithri 'an ... (sebutkan nama) Fardhon Lillahi Ta'ala.
Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk ... (sebutkan nama spesifik), fardhu karena Allah Ta'ala.”
(ADS)