Cara Cek PKH Januari 2024 untuk Mengetahui Statusnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
8 Januari 2024 15:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi cara cek PKH Januari. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara cek PKH Januari. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Program Keluarga Harapan (PKH) adalah bantuan sosial tahunan yang diberikan kepada keluarga miskin. Cara cek PKH Januari 2024 dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.
ADVERTISEMENT
PKH bertujuan untuk memberikan akses pelayanan sosial dasar seperti kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, dan perlindungan sosial lain secara berkelanjutan.
PKH 2024 akan disalurkan dalam empat tahap. Tahap pertama akan dicairkan pada Januari – Maret. Lalu, bagaimana cara cek penerima bansos PKH Januari 2024? Simak tata caranya dalam ulasan berikut.

Skema Pencairan PKH

Ilustrasi cara cek PKH Januari. Foto: Pexels.
Bansos PKH tahap 1 akan disalurkan bulan Januari – Maret 2024. Namun belum diketahui kapan tanggal pastinya. Sekma pencairan PKH sendiri telah ditetapkan dalam Permensos No 1 tahun 2018.
Dikutip dari laman Kementerian Sosial, PKH terdiri dari dua bantuan tetap dan bantuan komponen. Bantuan tetap terdiri dari bantuan reguler Rp 550 ribu dan PKH Akses sebesar Rp 1 juta per keluarga.
ADVERTISEMENT
Sementara bantuan komponen diberikan untuk setiap jiwa dalam keluarga, maksimal 4 anggota keluarga. Berikut ini rincian bantuan komponen PKH:

Cara Cek PKH Januari 2024

Ilustrasi cara cek PKH Januari. Foto: Pexels.
Tidak semua masyarakat bisa mendapat PKH. Bansos tersebut hanya diberikan kepada keluarga miskin dan rentan yang telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saja.
Untuk mengetahui daftar penerima PKH, masyarakat bisa mengecek namanya melalui aplikasi Cek Bansos maupun situs resmi Kemensos. Berikut ini tata cara cek PKH Januari 2024 melalui situs dan aplikasi Cek Bansos Kemensos.

1. Cara Cek PKH Januari 2024 via laman Cek Bansos

ADVERTISEMENT

2. Cara Cek PKH Januari 2024 via aplikasi Cek Bansos

(GLW)