News
·
6 Agustus 2020 19:01

Contoh Interaksi Sosial dan Peran Pentingnya dalam Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Contoh Interaksi Sosial dan Peran Pentingnya dalam Kehidupan  (230021)
Ilustrasi Interaksi Sosial. Photo by Pexels/fauxels.
Interaksi sosial merupakan situasi di mana orang dengan orang atau kelompok manusia saling berhubungan melalui bahasa atau simbol untuk berkomunikasi. Tanpa interaksi, dunia ini tidak akan mungkin dapat dipahami.
ADVERTISEMENT
Interaksi sosial merupakan sesuatu yang praktis, bukan teoritis. Interaksi tidak dapat hanya sekedar dipelajari, namun juga dipraktikan dengan orang-orang di sekitar kita.
Ada beberapa ciri interaksi sosial, yaitu dilakukan oleh dua orang atau lebih, adanya timbal balik dan reaksi. Tentunya, interaksi sosial tidak mungkin terjadi jika hanya ada satu orang pelaku.
Dua orang atau lebih berkomunikasi akan menciptakan interaksi. Dari komunikasi yang mereka lakukan akan menghasilkan reaksi atau respons yang berupa balasan, perasaan, pemikiran, hingga respon cuek juga merupakan suatu reaksi. Proses komunikasi yang menimbulkan reaksi itulah yang dinamakan timbal balik.
Contoh Interaksi Sosial dan Peran Pentingnya dalam Kehidupan  (230022)
Ilustrasi rapat dengan rekan kerja. Photo by Pexels/fauxels.
Sebagai manusia, hendaknya kita harus berinteraksi dengan sesama. Sebab, dengan interaksi, kita dapat mengenal berbagai macam karakter orang. Selain itu, kita juga dapat belajar, menambah pertemanan, dan menjalin keakraban dengan orang lain.
ADVERTISEMENT
Interaksi sosial ini dapat terjadi dengan berbagai cara. Tidak hanya mengobrol dan berbincang dengan teman, tapi juga dengan melakukan kegiatan bersama orang lain.
Interaksi sosial tidak hanya bersifat positif, namun juga ada yang bersifat negatif. Interaksi sosial yang positif menunjukkan suatu kebaikan. Sedangkan yang negatif menunjukkan suatu keburukan atau kejahatan yang dilakukan seseorang.

Contoh dari Interaksi Sosial

  • Bekerjasama dan gotong royong dalam membangun fasilitas umum.
  • Melakukan toleransi kehidupan antar umat beragama.
  • Berteman tanpa memandang perbedaan agama, suku, etnis dan ras.
  • Seseorang yang berkhianat dan membuat rugi temannya.
(AYA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white