kumparan
search-gray
Tekno & Sains25 April 2020 10:04

Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit

Konten kiriman user
Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit (222763)
Ilustrasi sembelit. Foto: Unsplash
Memasuki hari kedua Ramadhan, risiko terjadinya sembelit juga akan meningkat. Itu karena kebutuhan tubuh akan asupan air tak bisa terpenuhi seperti biasanya. Akibatnya, buang air besar pun menjadi jarang dilakukan dan tekstur feses berubah menjadi keras, sehingga sulit dikeluarkan.
ADVERTISEMENT
Meski bukan masalah serius, kondisi ini akan membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Apalagi saat buang air besar, Anda harus membutuhkan tenaga yang esktra. Itu sebabnya, kondisi ini tidak boleh sampai terjadi.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa memanfaatkan buah-buahan sebagai obatnya. Kandungan serat pada buah bisa membantu mengatasi sembelit. Berikut deretan buah yang harus Anda konsumsi untuk mengobati dan mencegah sembelit.

Kurma

Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit (222764)
Kurma bisa mengatasi sembelit. Foto: Unsplash
Pasti mudah bagi Anda menemukan kurma saat momen Ramadhan seperti sekarang. Sebagai menu wajib berbuka puasa, kurma juga bermanfaat untuk membantu proses pada saluran pencernaan. Di dalam 100 gram kurma terkandung serat sebanyak 6,7 gram atau setara dengan 27 persen dari kebutuhan harian.
Itu sebabnya kurma bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang mengalami sembelit. Bahkan, dengan mengonsumsinya secara rutin bisa menurunkan risiko terjadinya sembelit.
ADVERTISEMENT

Pepaya

Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit (222765)
Pepaya bisa mengatasi sembelit. Foto: Unsplash
Buah tropis ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, dan serat. Satu buah pepaya berukuran 152 gram memang hanya mengandung serat sekitar 3 gram. Namun, di dalam pepaya juga terkandung enzim papain. Enzim ini bekerja untuk membuat proses pencernaan protein menjadi lebih mudah sehingga bisa melancarkan buang air besar. Pepaya juga disebut-sebut sebagai pencahar alami.

Pir

Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit (222766)
Pir bisa mengatasi sembelit. Foto: Unsplash
Sebanyak 6 gram serat bisa ditemukan dalam satu buah pir berukuran besar. Serat tersebut bisa memenuhi sebanyak 24 persen kebutuhan serat harian. Selain itu, pir juga mengandung sorbitol tinggi yang berperan untuk merangsang pergerakan usus. Kandungan fruktosa di dalm buah pir juga bisa berfungsi sebagai pencahar alami.
Semua hal itu tentunya bagus untuk menjaga saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi buah pir, Anda akan terhindar dari permasalahan sembelit.
ADVERTISEMENT

Apel

Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit (222767)
Apel bisa mengatasi sembelit. Foto: Unsplash
Dalam 182 gram buah apel mengandung serat sebanyak 4,4 gram yang bisa memenuhi 17 persen kebutuhan harian. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung serat larut (pektin) yang memiliki efek pencaharnya.
Kedua nutrisi ini memiliki peranan penting dalam membantu pergerakan usus, sehingga bisa mendorong buang air besar secara teratur. Selain itu, kandungan serat yang ada di buah apel juga membantu pembentukan feses. Ini akan membuat feses tidak bertekstur sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Kiwi

Deretan Buah yang Ampuh Atasi Sembelit (222768)
Kiwi bisa mengatasi sembelit. Foto: Unsplash
Selain dikenal dengan kandungan vitamin C, kiwi juga mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram kiwi, Anda bisa menemukan sebanyak 2-3 gram serat. Enzim actinidine yang terdapat dalam kiwi juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan kinerja dan pergerakan usus.
ADVERTISEMENT
(RAA)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white