Entertainment
·
19 Februari 2020 17:02

Dituding Plagiat, Pembuat Film Parasite Akan Dilaporkan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Dituding Plagiat, Pembuat Film Parasite Akan Dilaporkan (74731)
Film Parasite dan Minsara Kanna. Foto: Mashable
Parasite baru saja membuat terobosan penting dalam dunia perfilman Asia. Mereka memenangkan empat penghargaan Piala Oscar di Academy Awards 2020.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, momen bersejarah ini sedikit tercoreng dengan klaim seorang produser film Tamil, PL Thenappan. Ia mengaku Parasite memiliki kemiripan dengan Minsara Kanna, film yang diproduksinya pada 1995.
Dilansir surat kabar India Today, Thenappan menyatakan bahwa ia sedang dalam proses pembicaraan dengan pengacara internasional. Ia berencana mengajukan protes terhadap pembuat film Parasite sesegera mungkin karena merasa inti cerita dari filmnya telah dicuri.
Kedua film memang memiliki narasi yang serupa. Satu anggota keluarga miskin melamar pekerjaan di rumah keluarga kaya, kemudian membawa serta anggota keluarga lainnya untuk bekerja di rumah yang sama.

Plot Minsara Kanna

Minsara Kanna adalah film komedi romantis yang dirilis 1999. Film ini menceritakan tentang seorang pria muda yang jatuh cinta dengan seorang wanita dari keluarga kaya. Agar dapat bersama dengan sang pujaan hati, si pria menyembunyikan identitasnya dan memasuki rumahnya dengan bekerja sebagai pengawal. Saudara-saudaranya juga bekerja di rumah sebagai pembantu rumah tangga dan koki.
ADVERTISEMENT

Plot Parasite

Parasite adalah film yang membahas tentang pembagian kelas dan bagaimana diskriminasi sosial membuat orang kaya tidak peka terhadap orang-orang yang kurang beruntung secara ekonomi. Film ini menelusuri kisah menarik tentang cara sebuah keluarga miskin bertahan hidup dengan cara memasuki rumah tangga keluarga super kaya sebagai karyawan.

Respons Perwakilan Film Parasite

Pada 18 Februari, perusahaan yang memproduksi film Parasite, CJ Entertainment menanggapi laporan plagiarisme ini. Dalam sebuah wawancara dengan Star Today, seorang sumber dari CJ Entertainment mengatakan, “Kami tidak memiliki informasi tentang klaim plagiarisme dari sebuah film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini.”

Kelanjutan Kasus Tuduhan Plagiarisme

Berdasarkan laporan India Today, advokat yang mewakili Thenappan telah mengirim surat ke para pembuat film Parasite. Pengacara menyatakan bahwa mereka akan melanjutkan langkah hukum jika surat tidak ditanggapi sampai Rabu pekan depan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, PL Thenappan akan memberi tahu tim Academy Awards tentang masalah ini. Jika pembuat Parasite mengaku mencuri plot, produsen Minsara Kanna mungkin akan meminta kompensasi. (ERA)