Doa Minum Susu dan Kisah Rasulullah SAW Minum Susu Kambing

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
14 Oktober 2021 9:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Susu. Sumber: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Susu. Sumber: Pexels
ADVERTISEMENT
Susu merupakan minuman yang sangat bernutrisi dan juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam produk. Mengutip jurnal Composition of Milk oleh Robert Jenness, mengonsumsi susu sangat penting untuk kesehatan. Sebagai produk agrikultur, saat ini susu yang paling banyak dikonsumsi adalah susu sapi.
ADVERTISEMENT
Produksi susu sapi di dunia rata-rata 30 juta ton per tahun yang dihasilkan dari 260 sapi. Kebutuhan masyarakat akan susu bukan tanpa alasan.
Kalsium dan protein yang terkandung di dalam susu membantu proses pertumbuhan dan menjaga tubuh dari penyakit. Tak heran, banyak atlet yang rutin minum susu untuk meningkatkan performa mereka.
Pengolahan susu juga tidak harus dalam bentuk cairan. Susu bisa dijadikan keju dan minuman probiotic seperti yoghurt. Selain itu, susu dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan atau minuman. Contohnya, menambah susu pada teh, kopi, kue, es kri, dan masih banyak lainnya.
Kebiasaan minum susu juga telah dilakukan Nabi Muhammad SAW. Fakta tersebut diketahui dalam perjalanan Rasulullah SAW dengan Abu Bakar berikut ini.
Susu. Sumber: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Susu. Sumber: Pexels

Kisah Nabi Muhammad SAW Minum Susu Kambing

Mengutip buku Mencintai Rasulullah- 365 Hari Bersama Nabi Muhammad SAW oleh Nurdan Damla, Rasulullah dan Abu Bakar sedang berada di tengah perjalanan melintasi gurun. Saat mendekati tujuan, mereka melihat perempuan dalam tenda kecil yang menjual makanan untuk musafir.
ADVERTISEMENT
Ketika Rasulullah ingin membeli, makanan yang dijual perempuan itu ternyata sudah habis. Namun Rasulullah tidak mempermasalahkannya.
Beliau kemudian melihat kambing di dekatnya. Rasulullah bertanya “apakah kambing itu mengeluarkan susu?”, wanita itu mengatakan kepada Rasulullah bahwa kambing itu tidak bisa menghasilkan susu.
Nabi Muhammad lalu meminta izin untuk mencoba memerah susu dari kambing tersebut. Walau wanita itu tidak percaya susu akan keluar, dia tetap mengizinkan Rasulullah untuk memerah kambingnya.
Setelah mendapat izin, Nabi muhammad mulai mengelus punggung kambing itu dan sebelum memerahnya mengucapkan Bismillah. Ketika beliau mulai memerah, Dia memanggil perempuan itu untuk membawa mangkuk. Perempuan itu datang dengan ekspresi yang sangat kaget, dia tidak bisa percaya apa yang Rasulullah berhasil lakukan. Tak lama kemudian, mangkoknya sudah terisi penuh dengan susu dan mereka pun meminumnya sampai kenyang.
ADVERTISEMENT

Bacaan Doa Minum Susu

Untuk dapat merasakan manfaat dan berkah susu, ada baiknya umat Muslim berdoa sebelum mengonsumsinya. Berikut bacaan doa minum susu berdasarkan buku Panduan Praktis Doa dan Dzikir Sehari-hari oleh Abduh Zulfidar Akaha. Rasulullah bersabda, “Jika minum susu maka ucapkanlah:
وَمَنْ سَقَاهُ اللَّهُ لَبَنًا فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ
Allohumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu
Artinya: "Ya Allah, Berkahilah kami di dalamnya dan tambahkan kepada kami darinya."
(ADB)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G