News
·
22 April 2021 14:42

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah dan Keutamaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah dan Keutamaannya (1033956)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa Setelah Adzan. Foto: Freepik
Sejak dikumandangkan oleh Bilal bin Rabbah pada tahun pertama hijriah, adzan menghiasi keseharian umat Islam hingga saat ini. Di Tanah Air, seruan ini tidak hanya menandakan masuknya waktu shalat, tetapi juga dikumandangkan di telinga bayi yang baru lahir. Tujuannya agar hal pertama yang didengar oleh sang bayi adalah kalimat tauhid.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq oleh Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi (2013), antara adzan dan iqamah merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Oleh sebab itu umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa di waktu tersebut.
Adapun bacaan doa setelah adzan sesuai sunnah adalah sebagai berikut:

Doa Setelah Adzan

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah dan Keutamaannya (1033957)
searchPerbesar
Ilustrai anak berdoa Foto: Shutterstock
Berikut ini adalah bacaan doa setelah adzan yang diajarkan Rasulullah SAW:
اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ
Allâhumma Rabba hâdzihid-da‘wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî‘âd.
“Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.”
ADVERTISEMENT

Doa Setelah Adzan Maghrib

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah dan Keutamaannya (1033958)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa. Foto: Freepik
Menurut riwayat Ummu Salamah, selain doa di atas, terdapat doa khusus yang dipanjatkan setelah adzan Maghrib. Berikut ini adalah bacaannya:
اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وَإِدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ لِى
Allahumma inna hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa-ashwaatu du'atika, faghfirli.
“Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Sebagai manusia yang tidak memiliki kuasa atas nasib, umat Muslim harusnya tidak pernah putus dalam berdoa. Sebab doa merupakan salah satu sebab terkabulnya hajat. Secara khusus, berdoa setelah adzan juga memiliki keutamaan tertentu.
Diriwayatkan dari Anas r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Doa antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).
ADVERTISEMENT
Selain itu Jabir bin Abdullah mengatakan Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca doa setelah mendengar panggilan muadzin, niscaya ia akan memperoleh syafaat pada Hari Kiamat”.
Pengertian Adzan
chevron-down
Fungsi Adzan
chevron-down
Mengapa Umat Islam Dianjurkan Berdoa Setelah Adzan?
chevron-down
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white