Doa untuk Pengantin dan Doa tentang Rumah Tangga yang dapat Diamalkan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Oktober 2022 16:29
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Pernikahan adalah momen sakral bersatunya dua insan manusia untuk saling mengasihi. Dalam ajaran Islam, pernikahan juga menjadi salah satu ibadah yang akan menyempurnakan agama seseorang.
ADVERTISEMENT
Jadi, sudah sepatutnya bagi umat Muslim mengucapkan doa untuk pengantin. Dengan doa tersebut, diharapkan kedua pasangan dapat mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.
Jika ada kerabat atau sahabat yang menikah, Anda bisa membaca doa untuk pengantin dan kumpulan doa rumah tangga lain berikut ini yang dikutip dari buku Kitab Doa Mustajab Terlengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya olehUstadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf dan KITAB Doa-doa Bagi yang Sudah Berkeluarga karya Siti Nur Aidah, dkk..

Doa untuk Pengantin

Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في خير
Barakallahu laka bainakuma fii khoir. Wa baarakaa alaika wa jama'a
Artinya: "Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan".
ADVERTISEMENT

Doa Lain tentang Rumah Tangga

Selain itu, ada juga doa tentang rumah tangga yang dapat dipanjatkan kedua mempelai atau orang lain agar pernikahannya senantiasa diberkahi oleh Allah SWT.
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay

1. Doa setelah akad nikah

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada suami untuk membaca doa ini sembari memegang ubun-ubun istri setelah akad nikah.
اللهم إني أسألك من خيرها وخير ما جبلتها عليه ، وأعوذ بك من شرها وشر ما جبلتها عليه
Allahumma inni as'aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa 'alaih. Wa a'udhu bika min syarri hana wa syarri maa jabaltaha 'alaih.
Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya."
ADVERTISEMENT

2. Doa mohon pernikahan diberkahi

اللهم بارك لنا في أسماعنا وأبصارنا وقلوبنا وأزواجنا وذرياتنا وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم
Allahumma baarik lanaa fii asmaa’inaa wa abshaarinaa wa qulubina wa azwajina wa dzurriyyaatinaa watub alaina innaka antat awwaabu rahiim
Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, istri-istri kami, dan anak keturunan kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya, Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang."

3. Doa agar tetap harmonis

Agar hubungan rumah tangga berjalan harmonis, Anda dapat memanjatkan doa-doa berikut:
  • Doa pertama
اللهم ياغني ياحميد يامبدئ يامعيد يارحيم ياودود أغنني بحلالك عن حرامك واكفني بفضلك عمن سواك. وصلى الله على محمد وآله وصحبه وسلم.
Allahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi-u yaa mu'iid yaa rahiimu ya wadud agnini bihalalika ‘an haramika wa kfinii bifadlika ‘amman siwak. Wa shallalaahu ‘alaa muhammadiw wa aalihii wa shahbihi wa sallam.
ADVERTISEMENT
Artinya: "Wahai Allah, Wahai Dzat Yang Maha Kaya, Wahai Dzat Yang Maha Terpuji, Wahai Dzat Yang Memulai, Wahai Dzat Yang Mengembalikan, Wahai Dzat Yang Maha Penyayang, Wahai Dzat Yang Maha Mencintai. Cukupkanlah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupkanlah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw. serta keluarga dan sahabat beliau."
  • Doa kedua
قل اللهم ملك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على كل شيء قدير - تولج اليل في النهار وتولج النهار في اليل وتخرج الحي من الميت وتخرج الميت من الحي وترزق من تشاء بغير حساب)
ADVERTISEMENT
Qulil allaahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa-u wa tanzil mulka mimman tasya-u wa tu izzu man tasha-u wa tu zillu man tasha-u biyadikal khair. Innaka 'ala kulli shay-in qadirun. Tuulijul laila fin nahaari wa tuulijun nahari fil laili. Wa tukhrijul hayya mink mayyit. Wa tukhrijul mayyita minal hayyi. Wa yarzuqu man tasya-u bighairi hisab.
Artinya: "Katakanlah, Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau binakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mu, segala kebajikan.
Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)." (QS. Ali Imran [3]: 26-27)
ADVERTISEMENT

4. Doa berlindung dari ketidakharmonisan rumah tangga

اللهم إني أعوذ بك من زوال نعمتك وتحول عافيتك وفجاءة نقمتك وجميع سخطك
Allahumma inni a'udzubika min zawaali ni’matika wa tahawwuli’ aafiyat ka wa fujaa-ati ni matika wa jamii sukhothai.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat darimu berubahnya kesejahteraan-Mu mendesaknya bencana Mu dan segala kemurkaan-Mu."

5. Doa agar menjadi keluarga sakinah

Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
ربى أوزعني أن أشكر نعمتك التي أنعمت علي وعلى والدي وأن أعمل صالحا ترضاه وأصلح لي في ذريتي، إلى تبت إليك وإلى المسلمين. من
Rabbii auzi’nii an asykura ni’matakal latii an’amta alayya wa alla waa lidayya wa an a’mala shaalihan tardhahu wa ashlih lii fii dzurriyyatii. Inni tubtu ilaika wa inni minal muslimina.
Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, berilah kami ilham untuk tetap mensyukuri nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan kepada anak cucu kami. Sungguh kamu bertaubat kepada-Mu dan sungguh kami adalah termasuk golongan orang yang berserah diri."
ADVERTISEMENT

6. Doa agar keluarga tidak berantakan

اللهم رب السموات والأرض ورب العرش العظيم ربنا ورب كل شيء فالق الحب والنوى منزل التوراة والإنجيل والفرقان أعوذ بك من شر كل شيء أنت آخذ بناصيته أنت الأول فليس قبلك شيء وأنت الآخر فليس بعدك شيء وأنت الظاهر فليس فوقك شيء وأنت الباطن فليس دونك شيء اقض عني الدين وأغنني من الفقر.
Allahumma rabbus samawati wal ardhi wa rabbul arsyil ‘azhiimi. Rabbanaa wa rabbi kulli syah-in faiqal habbi wan nawaa. Munazzamat taurasi wa injil wal furqani. A’uudzu bika min syarri kulli syah-in anta aakhidzun binaashiyatihi antal awwalu falaisa qablaka sayi-un. Wa wanted aakhiru falaisa badaka syai-un wa antazh zhaahiru falaisa fauqaka syai-un wa antal baathhinu falaisa duunaka syai-un iqdhi anniddaina wa aghninii minal faql.
ADVERTISEMENT
Artinya: "Ya Allah, Tuban sekalian langit dan bumi, Tuhan yang mempunyai 'Arsy yang agung. Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu yang ada. Yang menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Yang menurunkan kitab Taurat, Injil, dan al-Qur'an. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkaulah pemegang ubun-ubunnya.
Engkaulah yang awal tidak ada sesuatu sebelum Engkau. Engkaulah yang akhir, yang tetap ada setelah segala sesuatu musnah. Engkaulah yang zhahir (yang nyata adanya karena banyak bukti buktinya). Selain Engkau, tidak ada yang nyata. Engkaulah yang batin (yang tidak dapat digambarkan bagaimana, di mana, dan seperti apa). Selain Engkau, tidak ada yang batin. Ya Allah bayarlah hutangku, berilah aku kecukupan, dan hindarkanlah aku dari kemiskinan."
ADVERTISEMENT

7. Doa agar pasangan tetap setia

اللهم يارب أنت حسبي على ... عطف قلبها علي وسخر لي قلبها وذليلاً لي وحببني إليها حتى تأتى إلي خاضعا ذليلاً من غير مهلة واشغلها بمحبتى إنك على كل شيء قدير.
Allahumma ya rabbi anta hasbi ‘ala athif qalbahaa ‘alayya wa sakhir li qalbahu wa dzaliilan lii wa habbibnii ilaihaa hattaa tatiya ilayya ilayya khaadhi’an dzalian min ghairi mahlatin wasyghalhaa bi mahabbatii innaka 'ala kulli syai’in qadiirun.
Artinya: “Ya Allah Tuhanku, Engkaulah yang mencukupi aku kepada... (sebut nama wanita dan nama ibunya), cenderungkanlah hatinya kepadaku, dan paksakanlah hatinya untukku serta kasihanilah ia untukku dan cintakanlah aku kepadanya hingga ia datang kepadaku dengan sopan dan menaruh belas kasih tanpa menunda-nunda. Dan, sibukkanlah ia dengan mencintaiku. Sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas tiap tiap sesuatu."
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa untuk pengantin. Foto: Pixabay

8. Doa agar dijauhkan dari perselingkuhan

ADVERTISEMENT
ربنا ما خلقت هذا باطلاً سبحانك فقنا عذاب النّار، ربنا إنك من تدخل النار فقد أخريته وما لظالمين من أنصار. ربنا إننا سمعنا مناديا ينادي للإيمان أن أمنوا بربكم فآمنا، ربنا فاغفر لنا ذنوبنا وكفر عنا سيئاتنا وتوفنا مع الأبرار، ربنا آتنا ما وعدتنا على رسلك ولا تحزنا يوم القيامة إنك لا تخلف الميعاد.
Rabbana ma khalaqta hadza bathila. Subhaanaka faqihna adzabannar. Rabbana innaka man tudkhilin naara faqad akhzaitahu wa maa lizhaalimiina min anshaar. Rabbana innana sami’naa munaadiyan yunadii lil-imaani an amina birabbikum fa amaanaa. Rabbana faghfir lanaa dzunaubanaa. Wa kaffir anna sayyi’aatinaa, watawaffana ma’al abrar. Rabbanaa aatina maa wa’adtanaa alaa rusulika wa la tuhzinaa yaumul qiyamah. Innaka la tukhliful mi'ad.
ADVERTISEMENT
Artinya: "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau. Peliharalah kami dari siksa neraka. Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka maka sungguh telah Engkau hinakan dia. Tidak ada seorang penolong pun bagi kaum yang zalim.
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu), 'Berimanlah kamu kepada Tuhanmu' maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami. Matikanlah kami bersama orang orang yang berbakti. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu. Janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji."
(ANS)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020