News
·
5 Mei 2021 17:27

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Sebagai Ucapan Idul Fitri

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Sebagai Ucapan Idul Fitri (299389)
Ilustrasi mengucapkan Taqaballahu minna wa minkum saat Idul Fitri. Foto: iStock
Taqabbalallahu minna wa minkum menjadi rangkaian kalimat yang kerap diucapkan dalam perayaan Idul Fitri selain minal aaidiin wal faaiziin. Ucapan ini sudah dikenal sejak masa salaf dahulu.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Shalat-shalat Tathawwu yang ditulis David Muhammad (2020), taqabbalallahu minna wa minkum sering diucapkan oleh para sahabat Rasulullah ketika berjumpa dengan momen Idul Fitri atau Idul Adha.

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Mengutip situs NU Online, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum bisa ditambahkan dengan taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidiin wal faaiziin. Ada juga yang menambah kalimat tersebut dengan wal maqbuulin kullu ammin wa antum bi khair.
Jika digabungkan, kalimat ini akan membentuk rangkaian ucapan sebagai berikut:
Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair
Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Sukses Dunia-Akhirat dengan Doa-doa Harian karya Mahmud Asy-Syafrowi (2018), taqabbalallahu minna wa minkum merupakan bentuk permohonan umat kepada Allah SWT agar Dia menerima ibadah puasa umat Muslim dan sesama.
Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Sebagai Ucapan Idul Fitri (299390)
Ilustrasi mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum. Foto: Shutterstock

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Ketika mendapat ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, seorang Muslim sebaiknya menjawab dengan kalimat yang sama. Ini senada dengan kitab Fathul Bari karya Al-Hafidh Ibnu Hajar al-Asqalani, yang berbunyi:
Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, ia berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: “Taqabbalallahu minnaa wa minkum.” (Fathul Bari, juz II, halaman 446).
(GTT)