kumparan
News20 Maret 2020 12:55

Kemkominfo Siap Luncurkan Chatbot WhatsApp Hari Ini

Konten kiriman user
bwmbrbubd6eozosd7qvs.jpg
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Reuters
Jumat (20/3), pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Indonesia merilis chatbot WhatsApp mengenai virus corona. Chatbot tersebut diberi nama Covid19.go.id.
ADVERTISEMENT
Melalui chatbot ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi terkait virus corona secara interaktif di WhatsApp. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berperan sebagai pemberi konten informasi di dalam chatbot tersebut.
Adanya chatbot tersebut merupakan bentuk keberhasilan kerja sama antara WhatsApp (Facebook), Kemkominfo dan Telkom Group. Meskipun melalui proses yang tidak mudah, Indonesia berhasil meyakinkan WhatsApp dan Facebok untuk memberikan izin pembuatan chatbot.
Menkominfo Johny G. Plate mengatakan bahwa chatbot ini baru tersedia di dua negara, yaitu Indonesia dan Singapura.
"WhatsApp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura," ujar Johnny melalui konferensi pers secara live di channel YouTube Kemkominfo TV .
ADVERTISEMENT
Layanan ini diberikan secara gratis kepada pemerintah Indonesia sebagai bentuk kerja sama dengan Whatsapp. Pemerintah bisa merancang tanya jawab dari masyarakat terkait informasi virus corona.
Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema mengatakan senang dapat turut andil membantu menyediakan fasilitas dan informasi yang akurat mengenai virus corona.
"Kami senang dapat menyediakan alat komunikasi kepada Kemenkominfo untuk membantu mereka merespon pertanyaan seputar COVID-19 secara terpercaya, dengan rekomendasi kesehatan yang dapat diandalkan dan akurat, agar masyarakat tetap terlindungi," kata Idema dalam keterangan resmi dikutip dari CNN Indonesia.
Selain itu, layanan ini juga akan menyediakan rekomendasi dan tips sederhana untuk petugas kesehatan. Tujuannya agar petugas kesehatan dapat terlindung dari penyebaran virus corona.
ADVERTISEMENT
Keberadaan akun chatbot WhatsApp ini tentunya akan melengkapi kanal informasi yang sudah ada sebelumnya. Salah satunya adalah layanan chatbot terkait informasi virus corona di WhatsApp yang dikelola oleh UNICEF. Layanan milik UNICEF ini bisa diakses di Layanan U-Report dengan chat ke nomor 08119004567.
unicef.png
Chatbot milik UNICEF. Foto: Screenshoot
Layanan ini tidak hanya memberikan kebar seputar Covid-19, tapi juga beberapa informasi lain yang tidak berkaitan dengan wabah virus corona saat ini. Salah satunya adalah tentang manajemen kebersihan menstruasi.
(RAA)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan