News
·
11 Juni 2021 9:48
·
waktu baca 1 menit

Komplikasi Adalah Bagian Fabel, Ini Struktur Lengkap Teksnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Komplikasi Adalah Bagian Fabel, Ini Struktur Lengkap Teksnya (266784)
searchPerbesar
Ilustrasi menceritakan fabel. Foto: iStock
Fabel merupakan jenis cerita fiktif yang menceritakan kehidupan binatang atau hewan. Di antara struktur teks fabel, komplikasi adalah bagian fabel yang ada sejak munculnya masalah hingga masalah tersebut mencapai klimaks.
ADVERTISEMENT
Dalam teks cerita fabel, komplikasi merupakan inti dari cerita yang berisi permasalahan atau konflik antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Konflik biasanya muncul dari sikap tokoh, peristiwa, hingga perbedaan pandangan yang menyebabkan perselisihan.
Fabel mengandung nilai-nilai moral yang dapat diteladani pembacanya. Mengutip jurnal Kemampuan Menganalisis Struktur Fabel Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baebunta Kabupaten Luwu Utara oleh Harmawati, nilai-nilai moral tersebut terkandung dalam konflik yang ada di bagian komplikasi.

Struktur Teks Fabel

Komplikasi Adalah Bagian Fabel, Ini Struktur Lengkap Teksnya (266785)
searchPerbesar
Ilustrasi struktur komplikasi pada fabel. Foto: iStock
Selain komplikasi, teks fabel juga memiliki bagian-bagian lain yang menjadi struktur penyusunnya. Berikut struktur teks fabel:
1. Orientasi
Orientasi adalah bagian awal teks fabel, di mana pengarang memperkenalkan ceritanya sebelum masuk pada masalah atau peristiwa sesungguhnya. Yang diperkenalkan adalah para tokohnya, latar tempat dan waktu, serta latar suasananya.
ADVERTISEMENT
2. Resolusi
Dalam teks fabel, resolusi merupakan bagian yang terletak setelah komplikasi. Karena itu, pada tahap ini konflik mulai terpecahkan. Pengarang akan menguraikan peristiwa yang berujung pada penyelesaian satu per satu masalah yang muncul pada bagian komplikasi.
3. Koda
Tahap ini adalah akhir cerita atau hasil dari proses penyelesaian. Koda merupakan perubahan yang terjadi pada tokoh sehingga mengandung amanat, baik secara tertulis maupun tersirat, yang dapat dipetik pembaca.
(ADS)