Entertainment
·
3 November 2020 13:42

Kronologi Melaney Ricardo Terinfeksi COVID-19, Sempat Dikira Sakit Lambung

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Kronologi Melaney Ricardo Terinfeksi COVID-19, Sempat Dikira Sakit Lambung (332181)
Melaney Ricardo di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (6/9). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Presenter sekaligus komedian Tanah Air, Melaney Ricardo mengaku bahwa ia terpapar COVID-19 pada awal Oktober 2020. Ini sekaligus menjadi jawaban mengapa istri dari Tyson Lynch tersebut jarang tampil di layar kaca beberapa waktu terakhir.
ADVERTISEMENT
Kabar mengejutkan ini ia ungkap melalui video yang diunggahnya pada Senin (2/11) di kanal Youtube miliknya. Melaney juga mengungkap alasan mengapa ia tutup mulut atas kondisi kesehatannya selama ini.
"Karena menurut aku ketika kita lagi sakit, kita bukan mau menutup-nutupi atau berusaha untuk tidak share, tapi karena pada saat kejadian itu terjadi, kita butuh waktu untuk mengerti apa yang harus dilakuin, kemudian apa yang dirasakan sepanjang sebulan ini," ucap ibu dari Chloe dan Courage ini.
Pengakuan Melaney menambah daftar panjang selebriti Tanah Air yang terinfeksi virus corona. Berikut kami rangkum kronologi Melaney Ricardo terinfeksi COVID-19 beserta gejala dan kiatnya sembuh dari penyakit:

Awal Oktober, Gejala Mulai Dirasakan

Di awal bulan Oktober, Melaney Ricardo melakukan aktivitas seperti biasa, salah satunya mengisi acara Call Me Mel di sebuah stasiun televisi swasta. Namun saat itu Melaney mulai menggigil dan tubuhnya terasa hangat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Melaney juga merasakan ngilu pada persendian dan tulang-tulangnya. Namun saat itu ibu dua anak ini mengira kondisi tersebut disebabkan oleh kelelahan akibat pekerjaan.

Segera Membatalkan Pekerjaan

Karena kondisinya yang tidak sehat, Melaney memutuskan untuk membatalkan semua pekerjaannya. Ia juga mulai merasa mual secara terus menerus. Saat itu, Melaney mengira lambungnya-lah yang bermasalah seperti yang ia alami biasanya. Ia tidak mengira terinfeksi COVID karena sepengetahuannya, gejala COVID adalah batuk.

3 Oktober Dinyatakan Positif COVID-19

Menyadari kondisi tubuhnya yang semakin menurun, Melaney memutuskan untuk pergi ke dokter dan melakukan swab test. Pada 3 Oktober 2020 malam, ia menerima email pemberitahuan yang menyatakan bahwa ia positif terinfeksi COVID-19.
ADVERTISEMENT

Melakukan Tracing

Segera setelah mendapat kabar mengejutkan tersebut, Melaney berusaha menelusuri kembali siapa orang-orang yang sempat melakukan kontak dengannya. Belakangan diketahui bahwa tiga artis rekan Melaney serta seluruh keluarga dinyatakan negatif.

4 Oktober, Melaney Dirawat di Rumah Sakit

Kronologi Melaney Ricardo Terinfeksi COVID-19, Sempat Dikira Sakit Lambung (332182)
Melaney Ricardo terpapar COVID-19. Foto: Youtube.com/Melaney Ricardo
Kondisi Melaney semakin memburuk. Ia merasa tidak bertenaga dan lidahnya tidak mampu merasakan apa-apa. Indera penciuman Melaney juga terganggu. Tubuhnya terasa panas dan setiap kali berdiri, Melaney merasa pusing.
Ia kemudian menghubungi rumah sakit. Awalnya, Melaney hanya ingin melakukan foto thorax dan CT scan karena ia berniat untuk melakukan karantina diri di rumah.
Namun, dokter meminta agar Melaney dirawat di rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang mengkhawatirkan. Ia menderita anemia, defisit zat besi, dan masalah di jantungnya.
ADVERTISEMENT

4-17 Oktober 2020, Melaney Dirawat di Rumah Sakit

Melaney dirawat selama dua minggu di rumah sakit. Di hari-hari pertama, lidah Melaney masih tidak mampu untuk merasa. Melaney menyadari bahwa apabila terpapar COVID-19, ada kalanya tubuhnya merasa lebih baik dan enerjik, namun tidak lama kemudian kembali mual dan lemas.
Di hari ke-3, yakni 6 Oktober 2020, tubuh Melaney masih demam dan merasa mual. Dari suster yang merawatnya, Melaney mengetahui bahwa salah satu efek COVID-19 adalah pembekuan darah. Sehingga Melaney perlu diberikan ‘pengencer’ darah.
Di hari ke-10, yakni 14 Oktober, Melaney mulai merasa segar. Kondisinya pun semakin membaik di hari-hari berikutnya.
Kronologi Melaney Ricardo Terinfeksi COVID-19, Sempat Dikira Sakit Lambung (332183)
Melaney Ricardo terpapar COVID-19. Foto: Youtube.com/Melaney Ricardo

17 Oktober, Melaney Diperbolehkan Pulang

Selama dirawat, Melaney harus menjalani tes usap sebanyak tiga kali. Di hari ke-17 pada 20 Oktober 2020, tingkat infeksi virus di tubuhnya menunjukkan angka 32 dari angka normal di atas 35. Saat pertama kali dirawat, tingkat infeksi virus Melaney 12, yang artinya sangat menular.
ADVERTISEMENT
Karena kondisi kesehatannya yang telah membaik, Melaney diperbolehkan untuk pulang. Namun, ia masih harus menjaga jarak dengan orang-orang di sekitarnya.
Dalam video tersebut, Melaney juga mengungkap kiat agar dapat sembuh dari COVID-19. Caranya adalah dengan fokus pada penyembuhan dan sebisa mungkin menutup semua informasi yang berkaitan dengan COVID-19 agar tidak paranoid. Sebab, jika seseorang cemas, kekebalan tubuh juga dapat berkurang.
Yang tidak kalah penting, Melaney juga mengingatkan agar selalu berdoa kepada Tuhan.
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white