News
·
15 Oktober 2021 11:54
·
waktu baca 3 menit

Kumpulan Doa Menghilangkan Kecanduan agar Umat Muslim Terhindar dari Maksiat

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Kumpulan Doa Menghilangkan Kecanduan agar Umat Muslim Terhindar dari Maksiat (51230)
searchPerbesar
Berdoa, Sumber: Pexels
Kecanduan menjadi kata kerja yang selalu dikaitkan dengan hal-hal negatif. Dalam ajaran Islam, kecanduan memang merupakan perbuatan yang dilarang karena berisiko membuat seseorang kehilangan kontrol diri.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari situs resmi National Health Service, kondisi ini bisa didefinisikan ketika seseorang tidak memiliki kendali atas perbuatan atau mengkonsumsi sesuatu yang bisa membahayakan diri sendiri. Ada banyak macam kecanduan yang kerap dialami seseorang. Mulai dari kecanduan alkohol, kecanduan gadget, kecanduan seks, hingga kecanduan game online.
Penyebab seseorang bisa kecanduan bermacam-macam. Untuk kasus seperti narkoba, alkohol, dan rokok, penyebabnya karena zat yang terkandung di dalamnya mempengaruhi fisik dan mental yang kadang menjadi sebuah kenikmatan.
Karenanya, umat Muslim diperintahkan untuk menjauhi hal-hal yang berisiko menimbulkan kecanduan. Bagi yang sudah terlanjur atau sedang berusaha menghentikan kecanduannya, ada bacaan doa menghilangkan kecanduan yang bisa diamalkan.
Kumpulan Doa Menghilangkan Kecanduan agar Umat Muslim Terhindar dari Maksiat (51231)
searchPerbesar
Berdoa, Sumber: Pexels

Bacaan Doa Menghilangkan Kecanduan

Berikut adalah bacaan doa menghilangkan kecanduan, dikutip dari buku Kumpulan Doa Pembuka Rezeki oleh Ustad Fayumi Al-Maliki.
ADVERTISEMENT
Doa agar Terhindar dari Maksiat
Allahumma yaa ghaniyyu, yaa hamiidu, yaa mubdi’u ya mu’iidu yaa rahiimu yaa waduudu, aghnini bihalaaluka ‘an haraamika, wa bithaaatika ‘an ma’shiyatika, wa bifadhlika ‘amman siwaaka
Artinya: Ya Allah, wahai Dzat yang Maha Kaya, Dzat yang Maha terpuji, Dzat yang Maha memulai, Dzat yang maha mengembalikan, Dzat yang Maha pengasih, Dzat yang Maha penyayang, kayakanlah pada diriku akan rezeki yang halal, jauhkan dari rezeki yang haram, dan dengan ketaatan kepadaMu jauh dari perilaku maksiat kepadamu dan dengan kecukupan-kecukupan karunia-Mu jauh dari siapapun selain engkau.
Doa Memohon Ampunan dari Dosa dan Diberikan Petunjuk dari Allah
Allahumma inni as aluka tsabata fil amri, wal ‘azimata ‘alar rusyidi, wa as aluka syukra ni’matika, wa as aluka husna ibadatika, wa as aluka qolban saliman, wa as aluka lisanan shadion, wa astaghfiruka lima ta’lamu innaka anta ‘allamul ghuyub.
ADVERTISEMENT
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-MU ketegaran dalam menghadapi permasalahan dan memohon petunjuk-MU, aku memohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu, aku memohon kepada-Mu hati yang bersih dan lisan yang jujur, aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui, aku memohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui, karena hanya Engkaulah yang Maha Mengetahui segala yang gaib.
Doa agar Allah Melindungi Kita dari Maksiat
Allahumma inna nas’alukat taubata dawamaha, wa na’udzu bika minal ma’shiyati wa asbabiha, wa dzakkirna bil khaufi mina qabla hujumi khatharatiha, wahmilhu alan najati minha wa minat tafakkuri fi thara’iqiha, wambu min quluina halawata majtabainahi minha, wastabdilha bil karahati laha wat thama’l li ma hiwa bi dhiddiha.
ADVERTISEMENT
Artinya: Ya Allah, kepada-Mu kami meminta pertobatan dan kelanggengannya. Kepada-Mu, kami berlindung dari maksiat dan sebab-sebabnya. Ingatkan kami agar taku kepada-Mu sebelum datang bahaya maksiat. Bawakan ketakutan itu untuk menyelamatkan kami dari maksiat dan dari pikiran di jalanan maksiat. Hapuskan kelezatan maksiat yang kami pilih dari hati kami. Gantikan kenikmatan itu dengan rasa tidak suka dan keinginan terhadap lawanan maksiat.
(ADB)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020