News
·
8 April 2021 12:36

Link Download Jadwal Imsakiyah 2021 Seluruh Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Link Download Jadwal Imsakiyah 2021 Seluruh Indonesia (111578)
Link download jadwal imsakiyah 2021. Foto: Pixabay
Dalam hitungan hari, umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah memutuskan bahwa 1 Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021.
ADVERTISEMENT
Artinya, apabila tidak ada perubahan, umat Islam mulai melaksanakan shalat tarawih pada Senin malam, 12 April 2021 dan makan sahur pada dini hari keesokan harinya.
Salah satu hal penting yang perlu dipahami Muslim saat berpuasa adalah waktu imsak. Di Tanah Air, waktu imsakiyah yang banyak dijadikan patokan adalah 10 menit sebelum adzan Subuh. Mengutip buku Bekal Ramadhan karya Ahmad Zakarsih (2020), hal ini mengacu pada hadits Rasulullah SAW berikut ini:
“Dari Anas r.a, dari Zaid bin Tsabit r.a, beliau berkata: "Kami sahur bersama Nabi SAW lalu kami beranjak menuju shalat (Subuh)", Anas r.a bertanya: "Berapa jarak keduanya? (antara sahur dan shalat)". Beliau mengatakan: "Sekitar bacaan Qur'an 50 ayat". (HR al-Tirmidzi).
ADVERTISEMENT
Itulah mengapa banyak ulama menetapkan waktu imsak 10 menit sebelum shalat subuh sebagai bentuk kehati-hatian. Untuk menghindari kerancuan perihal waktu imsak, sejumlah lembaga keagamaan telah merilis jadwal imsakiyah yang dapat digunakan sebagai rujukan. Anda dapat mengunduhnya di beberapa link berikut ini:

Link Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021

Link Download Jadwal Imsakiyah 2021 Seluruh Indonesia (111579)
Ilustrasi sahur. Foto: Freepik
Kemenag
Kementerian Agama telah merilis jadwal imsakiyah Ramadhan 1442 H lengkap untuk semua provinsi di Indonesia. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengunduhnya:
  1. Buka situs https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah
  2. Pilih provinsi yang dicari, misalnya Jawa Barat. Kemudian cari Kabupaten/Kota, misalnya Bandung.
  3. Klik ikon search atau "Proses data".
  4. Nantinya akan ditampilkan jadwal sholat beserta imsakiyah dari 1 Ramadhan hingga selesai.
  5. Untuk mendownload jadwal, klik “export Excel” yang ada di samping ikon search.
ADVERTISEMENT
Situs NU
Jadwal imsakiyah dari Nahdlatul Ulama (NU) dapat Anda download melalui laman Lembaga Falakiyah Pengurus Besar NU. Berikut ini adalah caranya:
  1. Buka laman http://falakiyah.nu.or.id/JadwalImsakiyahPuasa.aspx
  2. Pilih menu lokasi dan cari lokasi yang diinginkan
  3. Klik ‘Process’
  4. Setelah muncul jadwal imsakiyah, Anda dapat mengunduhnya dengan klik logo MS Word, MS Excel, atau XML yang ada di bagian bawah.
Situs Muhammadiyah
Mengutip suaramuhammadiyah.com, jadwal imsakiyah Muhammadiyah sedikit berbeda dengan lembaga lainnya. Sebab metode hisab yang digunakan Muhammadiyah tidak hanya memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah, tetapi juga ketinggian daerah yang dihisab.
Awal waktu subuh ditentukan ketika ketinggian matahari berada dalam posisi minus delapan belas derajat. Dengan demikian, perbedaan awal waktu subuh adalah sekitar delapan menit. Bagaimana cara mendownload jadwal imsakiyah versi Muhammadiyah?
ADVERTISEMENT
  1. Kunjungi laman https://suaramuhammadiyah.id/2021/03/19/download-jadwal-imsakiyah-1442-h-2021-m-se-indonesia/
  2. Pilih lokasi yang diinginkan
  3. Klik tanda download atau panah ke bawah yang terletak di sebelah kanan atas.
(ERA)