News
·
22 Mei 2021 11:06

Memahami Apa Itu Deskripsi Beserta Jenis dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Memahami Apa Itu Deskripsi Beserta Jenis dan Contohnya (274295)
searchPerbesar
Ilustrasi menulis deskripsi Foto: Unsplash
Deskripsi merupakan penguraian atau pemaparan kata-kata secara jelas dan rinci. Deskripsi bisa disampaikan melalui dua cara, yaitu lisan dan tulisan. Deskripsi lisan dilakukan dengan percakapan langsung, pidato, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu deskripsi tulisan disampaikan melalui teks atau paragraf deskripsi. Teks ini dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari majalah, buku pelajaran, cerita pendek, dan sebagainya.

Apa Itu Deskripsi?

Mengutip Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi yang ditulis oleh Dr. Kundharu Saddhono, M. Hum. (2019), kata deskripsi berasal dari bahasa Latin, yakni describere yang artinya membeberkan, menulis tentang, dan melukiskan sesuatu hal.
Sementara itu menurut Ahmad Rofi'uddin (2011), deskripsi adalah bentuk karangan yang menggambarkan suatu objek, baik benda, orang lokasi, peristiwa, dan lainnya, melalui kata-kata yang sesuai dengan keadaan aslinya.
Di sisi lain, Setyawan (2010), mendefinisikan deskripsi sebagai paragraf yang menggambarkan objek yang mengharapkan pembaca memahami apa yang dilihat dan didengar oleh penulis.
ADVERTISEMENT
Untuk menyampaikan deskripsi yang baik, penulis harus mengamati objek tertentu. Kemudian, objek tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan dengan bahasa yang mudah dipahami dan informasi yang jelas.
Paragraf deskripsi yang baik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Memiliki satu gagasan utama.
  • Koherensi, yakni kalimat yang di dalamnya memiliki satu kesatuan yang berhubungan dan mempunyai timbal balik.
  • Pemenuhan kualitas, di mana hal di dalam paragraf mempunyai kelengkapan yang bisa menjelaskan gagasan utama.
Memahami Apa Itu Deskripsi Beserta Jenis dan Contohnya (274296)
searchPerbesar
Ilustrasi menulis deskripsi Foto: Unsplash

Jenis-jenis Deskripsi

Mengutip buku Mahir Berbahasa Indonesia oleh P. Tukan, S.Pd (2007), paragraf deskripsi terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain adalah:
1. Deskripsi Spasial
Deskripsi ini melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pemaparan ini sebaiknya dipandang melalui berbagai sisi agar ruang tergambar dengan jelas dalam pikiran pembaca.
ADVERTISEMENT
2. Deskripsi Objektif
Deskripsi objektif adalah paragraf yang menjelaskan objek dengan pemaparan identitas secara apa adanya, sehingga pembaca mampu membayangkan keadaan aslinya. Semakin rinci pelukisannya, maka semakin jelas objek yang tergambar dalam bayangan pembaca.
3. Deskripsi Subjektif
Deskripsi subjektif adalah paragraf deskripsi yang menggambarkan objek yang berkenaan dengan perasaan atau pandangan penulis. Dengan kata lain, deskripsi ini merupakan opini penulis.
Memahami Apa Itu Deskripsi Beserta Jenis dan Contohnya (274297)
searchPerbesar
Ilustrasi menulis deskripsi Foto: Unsplash

Contoh Teks Deskripsi

Agar lebih memahami deskripsi, simak contoh teks deskripsi yang dikutip dari buku Bahasa Indonesia oleh Nani Darmayanti (2007) dan Mahir Berbahasa Indonesia oleh P. Tukan, S.Pd (2007):
Contoh 1
Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat Sang Merah Putih berkibar. Bendera itu baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.
ADVERTISEMENT
Contoh 2
Ruangan berukuran 7 x 8 meter ini sungguh nyaman ditempati. Dindingnya dicat dengan warna putih dengan sedikit corak hitam pada bagian bawah. Tiga buah sofa empuk berwarna biru dan sebuah meja kayu diletakkan di tengah ruangan.
Sebuah rak buku yang lumayan besar diletakkan di pojok ruangan. Di luar ruangan, terdapat sebuah taman bunga kecil yang ditanami bunga mawar. Indahnya taman tersebut turut menambah kesejukan suasana di ruang OSIS SMA N 3 Suka Maju.
(GTT)
Apa Itu Deskripsi?
chevron-down
Perbedaan Deskripsi Lisan dan Tulisan
chevron-down
Jenis-jenis Deskripsi
chevron-down