Tekno & Sains
·
3 Maret 2021 9:13

Memahami Apa itu SEO dan Indikatornya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Memahami Apa itu SEO dan Indikatornya (584785)
Ilustrasi SEO. Foto: Thinkstock
SEO (Search Engine Optimization) merupakan komponen penting dalam dunia digital marketing. Jika Anda memiliki blog atau website tertentu, pastinya Anda ingin agar traffic meningkat, bukan? Nah di sinilah peran SEO.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Kitab Sakti SEO tulisan Su Rahman, SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan agar website dengan mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui search engine (mesin pencari) khususnya Google.
Sedangkan menurut Kent (2006) dalam Search Engine Oprimization for Dummies, SEO adalah teknik untuk mendapatkan posisi menguntungkan di mesin pencari yang sesuai dengan kata kunci yang berada di halaman website.
Dari dua pengertian ini, dapat disimpulkan bahwa SEO berhubungan dengan upaya untuk mengoptimasi sebuah website agar tampil di halaman terdepan atau peringkat teratas hasil pencarian. Dengan cara ini, web atau blog akan sering dikunjungi.

Indikator SEO

Memahami Apa itu SEO dan Indikatornya (584786)
Ilustrasi SEO. Foto: pixabay
Google memiliki berbagai macam indikator untuk menentukan website mana yang layak berada di posisi teratas. Berikut ini adalah delapan indikator utama yang digunakan sebagai acuan mengoptimasi SEO dikutip dari buku Menjadi Youtuber 2020 plus SEO: Youtuber Pemula tulisan Risma:
ADVERTISEMENT
1. Struktur URL
Sebaiknya buat struktur URL yang sederhana agar memudahkan mesin pencari mengenali website dan topik utama yang dibahas. URL cukup mengandung nama domain dan judul artikel.
2. Keamanan Domain
Google cenderung mengarahkan pencarian pada website yang memiliki standar keamanan baik. Keamanan domain yang bagus dapat dilihat dari kepemilikan SSL (HTTPS) di domainnya. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi.
3. Topik Konten
Anda harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan untuk membentuk struktur website yang baik. Kemudian buatlah konten berdasarkan topik-topik tersebut.
Semakin banyak konten yang membahas satu topik tertentu, makin besar pula kemungkinan untuk muncul di peringkat pertama hasil pencarian topik yang bersangkutan.
ADVERTISEMENT
4. Search Intent
Suatu kata kunci bisa merujuk pada dua hal yang berbeda. Nah yang dimaksud search intent adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu.
Contohnya ketika mengetikkan keyword ‘Big Bang Theory’ di Google, yang muncul di halaman teratas adalah judul serial televisi, bukan teori tentang pembentukan alam semesta.
Ini karena ada lebih banyak pengguna yang mencari soal serial televisi, bukan teori sainsnya. Oleh sebab itu, sebelum membuat konten sesuaikan dengan search intent-nya.
Memahami Apa itu SEO dan Indikatornya (584787)
Hasil pencarian Big bang theory
5. Struktur Konten
Anda harus membuat konten yang terstruktur sehingga pembaca dapat menemukan informasi dengan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin penting.
Tambahkan pula grafik, gambar, dan lain-lain yang membantu pembaca memahami konten. Semakin lama waktu yang dihabiskan pembaca di blog, makin besar pula peluang konten meraih posisi tinggi.
ADVERTISEMENT
6. Meta Tags
Meta tag terdiri dari title tag dan meta description. Title tag adalah judul yang muncul di hasil pencarian. Usahakan agar judulnya tidak terlalu panjang. Sementara itu meta description adalah deskripsi singkat yang menjelaskan tentang konten, biasanya terdiri dari 120-130 karakter.
7. Backlink
Backlink adalah link yang dipasang di website lain yang mengarah ke website Anda. Semakin banyak backlink ke website Anda, Google akan menganggap situs tersebut memiliki kredibilitas tinggi.
8. Kecepatan Website
Kecepatan website, baik di desktop maupun mobile akan dinilai Google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian.
Apa itu SEO?
chevron-down
Indikator SEO
chevron-down
Apa itu Backlink?
chevron-down
(ERA)