Tekno & Sains
·
19 November 2020 20:15

Memahami Paragraf Deduktif Dalam Kaidah Penulisan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Memahami Paragraf Deduktif Dalam Kaidah Penulisan (45168)
Ide utama sebuah penulisan terletak pada awal kalimat. Foto: Pixabay
Dalam Bahasa Indonesia, istilah paragraf deduktif sudah tidak asing lagi. Namun, masih banyak orang yang belum memahami penulisan paragraf deduktif dengan baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Salah satu ciri Paragraf deduktif adalah gagasan atau ide utamanya terletak di awal paragraf. Biasanya, tulisan ini diawali dengan penjelasan umum. Kemudian, dilanjutkan dengan penjelasan khusus seperti ciri, karakteristik, panduan dan lain sebagainya.
Agar lebih memahami paragraf deduktif, mari simak penjelasan berikut ini.
Memahami Paragraf Deduktif Dalam Kaidah Penulisan (45169)
Ilustrasi menulis foto: Pixabay

Ciri-ciri Kalimat Paragraf Deduktif

Di bawah ini ada beberapa ciri-ciri alinea deduktif yang bisa Anda coba perhatikan, di antaranya adalah:
1. Ide Pokok Utamanya Terletak di Awal Alinea
Ciri utama dari alinea deduktif, yakni ide pokok atau gagasannya terletak di kalimat awal paragraf. Gagasan utama ini bisa diisi dengan untaian kalimat yang nantinya akan dikembangkan secara luas.
2. Pola Alinea Adalah dari Umum Ke Khusus
Ciri kedua yang bisa dikenali adalah pola tulisan dari umum menuju khusus. Dalam hal ini, ide utama terletak di awal paragraf, lalu diikuti dengan berbagai kalimat pendukung yang lebih khusus.
ADVERTISEMENT
3. Kalimat Pendukung Menjelaskan Ciri-ciri, Karakteristik atau Contoh
Biasanya, pola deduktif identik dengan kalimat yang diawali dengan definisi dan diikuti dengan kalimat yang menjelaskan ciri, contoh, langkah-langkah dan lainnya.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Para pemuda dari Desa Padangsari menetapkan kebijakan waktu pelaksanaan jam belajar masyarakat dengan disiplin dan tertib. Sebelum pemberlakuan kebijakan tersebut, terdapat banyak anak sekolah yang diabaikan keluyuran di luar rumah, dan cuma duduk di pinggir jalan ketika tengah masuk jam belajar. Pemuda-pemuda tersebut nantinya akan datang ke rumah orang tua mereka dan menyampaikan pengertian terkait pentingnya belajar bagi anak anak mereka.
Keterangan : Dalam paragraf diatas, kalimat utamanya terletak pada kalimat pertama, yaitu kalimat “Para pemuda dari Desa Padangsari menetapkan kebijakan pelaksanaan jam belajar masyarakat dengan disiplin dan tertib”. Ini menunjukkan bahwa paragraf diatas merupakan contoh paragraf deduktif.
ADVERTISEMENT
(VIO)