kumparan
28 Oktober 2019 14:22

Minggu Pertama, Menkes Terawan Gerak Cepat Bahas Penyelesaian Stunting

dr Terawan.jpg
Menteri Kesehatan Dr Terawan Agus Putranto. (Dok: Antara)
Menteri Kesehatan Dr Terawan Agus Putranto sudah diberikan tugas oleh Presiden Jokowi untuk menuntaskan masalah stunting di Indonesia. Stunting adalah salah satu tugas yang dititikberatkan kepada Terawan.
ADVERTISEMENT
Pada pekan pertamanya setelah menjadi Menteri, Terawan pun bergerak cepat untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan berkoordinasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 
Ia mengatakan perlu langkah-langkah harmonis antar badan untuk penangangan stunting yang menjadi prioritas. 
"Kita bekerja secara harmonis, sekat-sekat dihilangkan hingga penanganan stunting jadi prioritas, angka kematian bayi, angka kematian ibu bisa kita turunkan drastis otomatis dengan meningkatkan kesejahteraan mereka (masyarakat) baik jasmani dan pendidikan," kata Terawan seperti dilansir dari Antara di Jakarta, Senin (28/10).  
Ia mengatakan baik di BKKBN maupun di Kementrian Kesehatan mempunyai tugas yang berbeda dan perlu sinergi antara kelembagaan, termasuk antara Kemenkes dan juga BKKBN. 
ADVERTISEMENT
"Di BKKBN maupun Kementerian Kesehatan punya Dirjen yang berbeda, ya itu disinkronkan kalau tidak disinkronkan maka tidak bisa fokus, kalau tidak bisa fokus nanti pencapaiannya tidak bisa baik," kata dia.
Terawan menjelaskan, koordinasi ini tetap diharapkan untuk mempercepat dalam pelaksanaan program untuk penanggulangan stunting. Tujuan utamanya tetap satu, yaitu mempercepat untuk mengatasi masalah stunting. 
"Sukses program jadi tujuan kita. Satu padu atasi 'stunting' (kekerdilan)," kata dia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan