Tekno & Sains
·
31 Oktober 2020 10:22

Pengertian dan Jenis Pencemaran Lingkungan yang Ada di Sekitar

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Pengertian dan Jenis Pencemaran Lingkungan yang Ada di Sekitar (56560)
Ilustrasi Polusi Udara foto:Unsplash
Pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah yang masih dihadapi masyarakat hingga saat ini. Masalah ini kerap timbul bersamaan dengan peningkatan aktivitas manusia. Pencemaran lingkungan dapat menimbulkan kerugian bagi makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan, dan manusia.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, pencemaran lingkungan merupakan kondisi di mana lingkungan terkontaminasi oleh zat, makhluk hidup atau energi lain. Masalah ini dapat menyebabkan penurunan kualitas pada media yang terkontaminasi.
Ada beragam jenis pencemaran lingkungan yang dapat terjadi. Pencemaran tersebut biasanya disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda.
Berikut adalah 5 jenis pencemaran lingkungan yang ada di sekitar kita.

Pencemaran Air

Pengertian dan Jenis Pencemaran Lingkungan yang Ada di Sekitar (56561)
Ilustrasi polusi air. Foto: Pixabay
Pencemaran air adalah kondisi di mana zat polutan atau komponen berbahaya masuk ke dalam air, sehingga kualitas air menurun dan tidak dapat digunakan dengan maksimal. Beberapa komponen yang dapat mencemari air, yakni limbah, insektisida, dan kotoran lainnya.
Pencemaran air dapat terjadi di semua wilayah perairan, mulai dari laut, sungai, hingga danau. Umumnya, air yang sudah tercemar akan berubah menjadi keruh, berbau dan berwana.
ADVERTISEMENT

Pencemaran Udara

Pengertian dan Jenis Pencemaran Lingkungan yang Ada di Sekitar (56562)
Ilustrasi Polusi Udara foto:Unsplash
Pencemaran udara terjadi ketika zat polutan mengotori udara hingga kualitas udara menurun. Beberapa zat yang dapat mengotori udara, yaitu kendaraan bermotor, penggunaan AC, pembakaran sampah, dan asap pabrik. Zat polutan juga bisa muncul melalui fenomena alam seperti gunung meletus.
Jika dibiarkan, pencemaran udara dapat berbahaya bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Masalah ini bisa memicu berbagai penyakit seperti asma, ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), paru-paru basah, bronchitis, dan lainnya.
Selain menyebabkan penyakit, pencemaran udara juga bisa menimbulkan masalah lain seperti hujan asam, kerusakan lapisan ozon, dan efek rumah kaca.

Pencemaran Tanah

Pengertian dan Jenis Pencemaran Lingkungan yang Ada di Sekitar (56563)
Ilustrasi Polusi Tanah Foto oleh: Elvis,florespedia/kumparan.com
Masalah ini dapat terjadi jika zat atau bahan kimia masuk ke dalam lapisan tanah. Zat polutan tersebut bisa muncul dari tumpahan minyak, cairan timbunan sampah, penggunaan pestisida berlebih, kebocoran limbah, dan lainnya. Masalah ini dapat memicu sejumlah penyakit dan kerusakan pada ekosistem.
ADVERTISEMENT

Pencemaran Suara

Pengertian dan Jenis Pencemaran Lingkungan yang Ada di Sekitar (56564)
Ilustrasi Polusi Suara dari Klakson Kendaraan foto:Unsplash
Pencemaran atau polusi suara adalah gangguan lingkungan yang disebabkan oleh bunyi atau suara. Biasanya, polusi ini timbul akibat suara bising dan bervolume tinggi seperti suara kendaraan, pabrik, kereta api, hingga petir. Polusi ini dapat menimbulkan beberapa dampak untuk manusia, di antaranya stres dan gangguan pendengaran.
(GTT)