Woman
·
6 Juli 2021 11:30
·
waktu baca 1 menit

Perbedaan Moisturizer dan Hydrator, Kosmetik Perawatan Wajah Dehidrasi

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Perbedaan Moisturizer dan Hydrator, Kosmetik Perawatan Wajah Dehidrasi (9536)
searchPerbesar
Ilustrasi moisturizer untuk melembapkan wajah. Sumber: Freepik.com
Memiliki wajah yang dehidrasi memang sedikit mengganggu. Sebab, teksturnya yang kering akan terasa tidak nyaman saat disentuh. Selain itu, wajah yang dehidrasi juga akan sulit untuk menerima riasan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada dua kosmetik yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit yang dehidrasi, yakni moisturizer dan hydrator. Meski memiliki fungsi yang sama untuk merawat kulit dehidrasi, cara kerja keduanya sangat berbeda.
Melansir dari Dermstore, situs kosmetik dan skincare asal AS, perbedaan moisturizer dan hydrator bisa dilihat dari cara kerjanya..
Dr. Anna Guanche, M.D., dokter kulit bersertifikat asal Los Angeles, menjelaskan bahwa hydrator berfungsi untuk menyerap air ke dalam sel-sel kulit agar terhidrasi. Dengan kondisi yang terhidrasi, maka kemampuan kulit untuk menyerap kelembaban dan nutrisi akan lebih baik.
Sedangkan cara kerja moisturizer, menurut Dr. Tsippora Shainhouse, M.D., F.A.D, adalah dengan mengunci atau menyegel kelembaban yang sudah ada untuk membangun penghalang guna melindungi kulit. Kulit yang terlindungi akan terjaga kelembutan dan kelembabannya.
ADVERTISEMENT
Jadi, bagi kulit yang mengalami dehidrasi, sebaiknya lapisan peratahanan kulitnya diperbaiki terlebih dahulu dengan menggunakan produk yang mengandung hydrator. Hal ini bertujuan agar kelembapannya terjaga. Kemudian, barulah diaplikasikan moisturizer untuk menguncinya.
Perbedaan Moisturizer dan Hydrator, Kosmetik Perawatan Wajah Dehidrasi (9537)
searchPerbesar
Ilustrasi moisturizer untuk melembapkan wajah. Sumber: Freepik.com

Produk Kosmetik yang Mengandung Hydrator dan Mosturizer

Hydrator dan moisturizer merupakan bahan utama dalam sebuah produk perawatan wajah kering dan dehidrasi. Produk yang mengandung hydrator biasanya berupa serum atau yang mengandung bahan seperti asam hialuronat. Beberapa produk menggabungkan asam hialuronat dengan bahan lainnya untuk mengatasi masalah kulit tambahan.
Sedangkan produk yang mengandung moisturizer biasanya berupa pelembab, losion, minyak, dan krim. Jika kulit lebih berminyak, bisa menggunakan losion yang lebih ringan. Dan untuk kulit yang lebih kering, bisa menggunakan krim yang lebih tebal. Pada siang hari, kebanyakan orang lebih menyukai losion yang ringan dan krim yang lebih berat di malam hari.
ADVERTISEMENT

Perawatan Kulit Dehidrasi atau Kering

Perawatan kulit dehidrasi atau kering bisa dilakukan pada pagi dan malam hari. Berikut adalah perawatan wajah dengan kulit kering yang direkomendasikan oleh situs Cosmedica Skincare.
Perawatan kulit dehidrasi rutin pagi hari
  • Mulailah dengan pembersih lembut yang bertekstur seperti susu atau krim. Hindari gel dan busa karena biasanya diformulasikan untuk membantu mengontrol minyak dan dapat menghilangkan minyak dari kulit.
  • Jika kulit telah dibersihkan secara menyeluruh pada malam sebelumnya, namun masih terasa kering dan bersisik, mungkin yang terbaik adalah membersihkan kulit dengan air hangat saja serta beralih ke toner dan serum.
  • Gunakan toner lembut dengan Vitamin C. Ini akan membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit dan memungkinkan kulit untuk lebih menyerap serum dan pelembab.
  • Gunakan serum yang cocok dengan kulit dan ratakan ke seluruh wajah dan leher. Jika dibutuhkan, bisa dilapisi dengan serum lain yang kaya Vitamin C untuk menangkal kerusakan akibat radikal bebas, mencerahkan kulit, dan membantu mengurangi munculnya bintik hitam, garis halus, serta kerutan.
  • Krim mata yang tebal direkomendasikan untuk menghaluskan garis-garis halus di sekitar mata dan menambah kelembaban.
  • Gunakan produk pelembab atau moisturizer yang ringan saat siang hari. Moisturizer ini akan mengunci fungsi dan kerja serum di dalam kulit.
  • Tahap terakhir adalah pengaplikasian tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi sangat dianjurkan.
ADVERTISEMENT
Perawatan kulit dehidrasi dan kering di malam hari
  • Hapus riasan secara menyeluruh dengan tisu penghapus riasan atau air misel. Kemudian, gunakan pembersih untuk menghilangkan sisa-sisa riasan yang tertinggal. Untuk kulit yang lebih kering, direkomendasikan menggunakan pembersih yang kaya akan Vitamin C.
  • Kulit kering dan dehidrasi membutuhkan pengelupasan dua hingga tiga kali seminggu. Produk yang digunakan adalah eksfoliator yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan kering dengan lembut.
  • Gunakan hydrator dalam produk serum. Serum yang digunakan harus mengandung asam hialuronat untuk lebih mengikat air ke kulit saat tidur.
  • Jangan lupa untuk mengoleskan krim mata di malam hari.
  • Gunakan moisturizer dalam produk krim malam yang menghidrasi atau krim retinol. Pada malam hari, yang terbaik adalah menggunakan tekstur terberat karena kulit bekerja untuk memperbaiki dan meregenerasi sel dan kelembaban tambahan membantu mengunci semua bahan aktif yang baru saja diterapkan.
ADVERTISEMENT
(ULY)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white