kumparan
4 November 2019 11:40

Pernah Jadi Kapolda Metro Jaya, Inilah Karier Iwan Bule

Iwan Bule.jpg
Mochaman Iriawan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI (dok. Antara)
Resmi Jadi Ketua Umum PSSI, Mochaman Iriawan alias Iwan Bule bisa dibilang orang baru dalam dunia persepakbolaan Indonesia. Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut banyak malang melintang di kariernya sebagai petinggi di Polri. 
ADVERTISEMENT
Namun, seperti apa sebenarnya karir dari orang nomor 1 di PSSI menggantikan Edhy Rahmayadi ini?
1. Kapolres Tegal 
Nama Iwan Bule sebenarnya belum terlalu terlihat setelah ia lulus dari Akpol tahun 1984. Barulah pada 2001 setelah ia diangkat sebagai Kapolres Tegal dan menjalankan tugasnya selama 3 tahun. Setelah dari Kapolres Tegal, Iwan Bule banyak berpindah dari Polda NTT, Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.
2. Kapolda NTB
Barulah pada 2012, ia juga sempat menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Meskipun tidak lama setelah satu tahun ia kembali dimutasi menjadi Kapolda Jabar
3. Kapolda Jabar
Pada 2013, bisa dibilangi disinilah nama Iwan Bule mulai terlihat oleh mata publik. Meskipun pada saat itu Iwan sempat dituduh ada kasus, Iwan tidak pernah terbukti bersalah. Pada 2015 ia kembali ditarik ke Mabes Polri.
ADVERTISEMENT
4. Kembali ke Mabes Polri
2 tahun setelah menjabat sebagai Polda Jabar, ia akhirnya ditarik kembali ke Mabes Polri. Menjabat sebagai Kadivkum Polri dan juga Kadivpropam Polri.  
5. Kapolda Metro Jaya
Pada 2016, Iwan Bule akhirnya diberi kepercayaan untuk memegang jabatan Kapolda Metro Jaya. Iwan Bule pernah secara langsung mengamankan aksi damai 4 November 2016 yang menuntut Basuki Tjahaja Purnama atas kasus penistaan agama. Ia juga berperan mengamankan Jakarta yang mengadakan Pemilihan Gubernur DKI (Pilgub DKI) pada tahun 2017. 
6. Sekretaris Lemhanas
Jabatan ini adalah jabatan yang ia duduki hingga sekarang. Sejak 2017 ditunjuk sebagai Sekretaris Utama Lemhanas.
7. Pj Gubernur Jawa Barat
Pada 2018, mantan Kapolda Jabar ini juga sempat menjabat jabatan sebagai Pelaksana Jabatan (PJ) Gubernur Jawa Barat selama 2 bulan. Menggantikan Ahmad Heryawan yang masa jabatannya habis hingga Ridwan Kamil dilantik sebagai Gubernur
ADVERTISEMENT
8. Ketua Umum PSSI
Karier Iwan Bule lalu berputar ke arah yang baru. Setelah lebih lama bekerja sebagai aparat kepolisian, Iwan maju sebaga Caketum PSSI pada 2019. Ia terpilih secara mutlak pada Kongres PSSI pada 2 November lalu.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan