News
·
9 September 2020 12:58

Profil Arteria Dahlan, Politisi PDIP yang Diungkit Hasril Chaniago

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Profil Arteria Dahlan, Politisi PDIP yang Diungkit Hasril Chaniago (126268)
Arteria Dahlan, anggota DPR RI Fraksi PDIP. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Nama politikus PDIP Arteria Dahlan menjadi perbincangan hangat di media sosial pada Selasa malam (8/9). Hal ini diawali oleh Hasril Chaniago yang mengungkit mengenai latar belakang keluarga Arteria dalam sebuah tayangan televisi.
ADVERTISEMENT
Gara-gara ini, Arteria Dahlan sempat menempati trending topic Twitter. Netizen ramai-ramai mengunggah cuitan yang menanyakan latar belakang keluarga politisi PDIP tersebut.
Arteria Dahlan sendiri merupakan pengacara sekaligus politisi PDIP. Saat ini ia menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019–2024 mewakili daerah pemilihan Jawa Timur VI.
Profil Arteria Dahlan, Politisi PDIP yang Diungkit Hasril Chaniago (126269)
Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pria kelahiran 7 Juli 1975 ini menempuh pendidkan di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hukum. Kemudian, Arteria melanjutkan studi S2nya di kampus yang sama dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum dan Ketatanegaraan.
Sebelum menjadi politisi, Arteria Dahlan mengawali kariernya di kantor hukum Hutabarat, Halim & Rekan pada tahun 2000. Enam tahun kemudian, ia menjadi Partner di kantor hukum Bastaman & Co. Tak lama kemudian, pria asal Jakarta ini mendirikan kantor hukum sendiri bernama Kantor Hukum Arteria Dahlan Lawyers.
ADVERTISEMENT
Dengan pengalaman yang mumpuni sebagai pengacara, Arteria ditunjuk menjadi Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi DPP PDIP. Saat itu, ia lebih banyak membela para calon PDIP dalam perkara Pilkada di Mahkamah Konstitusi.
Selain itu, Arteria juga pernah berkarier menjadi kuasa hukum PSSI dan masuk dalam Tim Legal Sekretariat PSSI pada 2006. Kemudian di tahun 2011, ia dipilih sebagai Legal Advisor Komite Normalisasi PSSI.
Setelah sekian lama berada di dunia hukum, Arteria Dahlan pun mencoba untuk terjun ke politik. Pada September 2017, ia duduk di kursi Komisi III DPR yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan.
(DNA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white