News
ยท
27 Oktober 2020 17:44

Profil Fahrurrozi Ishaq, Petinggi FPI yang Wafat Akibat COVID-19

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Profil Fahrurrozi Ishaq, Petinggi FPI yang Wafat Akibat COVID-19 (127060)
searchPerbesar
Profil Fahrurrozi Ishaq, Petinggi FPI yang Wafat Akibat COVID-19. Foto: RRI
Petinggi Front Pembela Islam (FPI), Fahrurrozi Ishaq meninggal dunia pada hari ini, Selasa (27/10). Sebelumnya, ia sempat dirawat di RS Polri Kramat Jati pada Minggu (25/10). Pria yang kerap disapa Bang Rozi ini sempat menjalani tes swab COVID-19 dan dinyatakan positif.
ADVERTISEMENT
Melansir kumparanNEWS, keluarga menolak untuk melanjutkan perawatan beliau di RS Polri. Mereka pun membawa Fahrurrozi pulang. Namun pada Selasa dini hari, kondisinya memburuk. Keluarga lalu membawanya ke RS Hermina Jatinegara Jakarta Timur. Sayang, nyawanya tidak dapat tertolong.
Nama Fahrurrozi Ishaq sendiri sudah tidak asing lagi di telinga sebagian masyarakat Betawi. Ia adalah salah satu ulama Betawi yang tersohor. Pria kelahiran Jakarta, 11 November 1954 ini pernah belajar di Pesantren As-Saqofah, Tebet.
Ia juga merupakan ketua Gerakan Masyarakat Jakarta, sebuah organisasi yang dibentuk oleh ulama, sejumlah tokoh Betawi, dan ormas Islam Betawi. Fahrurrozi juga tercatat sebagai anggota Forum Umat Islam (FUI).
Pada tahun 2011-2015, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syariah DPP PPP. Terakhir, ia diketahui menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi periode 2018-2023.
Profil Fahrurrozi Ishaq, Petinggi FPI yang Wafat Akibat COVID-19 (127061)
searchPerbesar
Warga ramai kunjungi proses pemakaman KH Fakhrurrozi Ishaq di TPU Kober, Jatinegara, Selasa (27/10). Foto: Sekjen PA 212
Nama Fahrurrozi Ishaq mulai dikenal publik ketika dideklarasikan sebagai Gubernur DKI tandingan pada 2014. Kala itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta diangkat menjadi Gubernur menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi presiden.
ADVERTISEMENT
Imam Besar FPI Rizieq Shihab dan sejumlah ormas lainnya tidak mengakui kepemimpinan Ahok. Mereka kemudian melantik Fahrurrozi Ishaq sebagai Gubernur tandingan. Namun, status Fahrurrozi sebagai Gubernur tandingan tidak diakui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white