kumparan
KONTEN PENGGUNA
20 Januari 2020 11:47

Ramai Diperdebatkan, Omnibus Law Itu Apa sih?

LIPSUS_MOM,_Pekan_Menyusui_Sedunia,_Ilustrasi_undang-undang-u8ibceultfqm1nsuiq2u.jpg
Ilustrasi Omnibus Law
Akhir-akhir ini nama Omnibus Law selalu muncul di berita. Alasannya karena Presiden Jokowi menargetkan akan membuat Omnibus Law di Indonesia. Tapi, sebenarnya Omnibus Law itu apa sih?
ADVERTISEMENT
Secara garis besar, Omnibus Law itu adalah UU baru yang merangkum beberapa hukum sekaligus. Tujuannya untuk meringkas semua UU yang saling bertindihan satu sama lain. Omnibus Law juga secara otomatis mengamandemen UU yang terkait.
Presiden Jokowi mengatakan jika Omnibus Law dapat meringkas birokrasi sehingga mempermudah lanjutnya birokrasi. Bahkan ia sudah meminta agar Omnibus Law dibereskan dengan cepat oleh DPR untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. 
"Saya sudah sampaikan pada DPR mohon bisa diselesaikan maksimal 100 hari," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Kamis (16/1). 
" Dan kalau ini nanti betul-betul keluar akan ada sebuah perubahan besar sekali dalam pergerakan ekonomi," imbuhnya. 
Sejauh ini, ada beberapa RUU Omnibus Law yang memang direncanakan untuk diselesaikan. Saat ini, ada empat RUU omnibus law yang akan diajukan oleh pemerintah, yaitu, omnibus law cipta lapangan kerja, perpajakan, ibu kota negara, dan farmasi. Terakhir, muncul wacana untuk membuat omnibus law keamanan laut juga.
ADVERTISEMENT
Namun bukan berarti rencana Presiden Jokowi ini dapat diterima dengan baik. Dari pihak pekerja banyak yang menolak dengan rencana ini. Mereka menilai Omnibus Law justru akan merugikan para pekerja. Bahkan beberapa mengadakan demosntrasi untuk menolak UU ini. 
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan