News
·
22 Januari 2021 10:33

Surat Lamaran Kerja: Contoh dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Surat Lamaran Kerja: Contoh dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar  (252495)
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja: Unsplash
Diperlukan beberapa berkas untuk melamar kerja, salah satunya adalah surat lamaran kerja. Surat ini menjadi perantara yang menghubungkan pelamar dengan rekruter. Biasanya, surat tersebut dituliskan dalam bahasa dan format resmi.
ADVERTISEMENT
Melansir Writing Help Central, surat lamaran kerja adalah surat pribadi yang berfungsi untuk melamar pekerjaan di suatu instansi atau perusahaan. Surat ini terdiri beberapa unsur, di antaranya:
  • Kepala surat
  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Salam pembuka
  • Pembuka surat
  • Tujuan surat
  • Lampiran
  • Penutup surat
  • Tanda tangan dan nama pelamar
Surat lamaran kerja memiliki pengaruh besar dalam proses rekrutmen. Jika dituliskan dengan tepat, surat ini dapat mempelebar peluang pencari kerja untuk mendapat panggilan wawancara.
Lantas, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut.
Surat Lamaran Kerja: Contoh dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar  (252496)
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja. Foto: Shutter Stock

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Menggunakan Bahasa Resmi
Surat lamaran kerja harus ditulis menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Dengan begitu, pelamar dapat memaparkan maksud dan tujuan dengan sopan kepada rekruter.
ADVERTISEMENT
Tidak Bertele-tele
Ketika menulis surat lamaran, pelamar sebaiknya tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele. Sampaikan maksud dan tujuan dengan bahasa singkat dan jelas agar rekruter dapat memahami surat dengan mudah.
Bersih dan Rapi
Kebersihan dan kerapihan juga harus diperhatikan ketika menulis surat lamaran kerja. Apabila menulis secara manual, pelamar kerja harus menggunakan kertas serta amplop yang bersih. Tulisan juga harus ditulis dengan rapi agar mudah dibaca rekruter.
Jika ditulis dengan file digital, Anda harus menggunakan jenis huruf dan ukuran standar, misalnya Times New Roman. Sebaiknya, surat juga dikemas dalam bentuk PDF agar lebih rapi.
Informasi Lengkap
Pelamar kerja harus menyertakan informasi yang jelas dan lengkap dalam surat lamaran. Mulai dari nama, pendidikan, tujuan, lampiran dan lainnya. Pelamar juga harus menyisipkan kontak yang jelas dan aktif. Sehingga, rekruter dapat menghubungi Anda untuk melanjutkan proses rekrutmen.
ADVERTISEMENT

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja, Anda bisa menerapkannya secara langsung. Agar lebih paham, Anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini sebagai referensi:
Jakarta, 20 Januari 2021
Kepada YTH
HRD Manager
PT Sinar Perkasa Tbk
Jl. TB Simatupang No. 12, Jakarta
Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan pada situs lowongan kerja, PT Perkasa Tbk membuka lowongan untuk beberapa jabatan.
Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk posisi jabatan Digital Marketing.
Adapun data diri saya sebagai berikut:
Nama:
Tempat/Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
ADVERTISEMENT
Alamat:
Pendidikan Terakhir:
E-mail:
Nomor Telepon:
Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dari segi jasmani dan rohani. Saya juga bisa berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan. Saya lulus dengan predikat terbaik dari jurusan Komunikasi di Universitas Indonesia. Saya dapat bekerja menggunakan Google Analytics dan Facebook Ads.
Saat ini, saya masih bekerja sebagai sebagai staf Digital Marketing di PT. Guntur Sembilan. Saya terbiasa bekerja dengan tim dan juga saya sangat bisa diandalkan bekerja secara mandiri.
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:
  • CV
  • Fotocopy Ijazah S1 dan transkrip nilai.
  • Fotocopy sertifikat kursus/pelatihan.
  • Pas Foto terbaru.
Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia memberi saya kesempatan melanjutkan ke tahap selanjutnya, agar saya bisa menjelaskan tentang potensi yang saya miliki.
ADVERTISEMENT
Demikian surat lamaran kerja saya buat dengan sebenarnya, Terimakasih atas perharian Bapak/Ibu.
Hormat Saya,
Nana, S.I. Kom.
(GTT)