News
·
20 November 2020 14:24

Tema Hari Anak Sedunia 20 November 2020

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Tema Hari Anak Sedunia 20 November 2020 (138163)
Ilustrasi anak-anak foto:Unsplash
Setiap tanggal 20 November, dunia menyambut Hari Anak Sedunia atau World’s Children Day. Dikutip dari Republic World, peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan merayakan hak anak-anak. Tahun 2020, Hari Anak Sedunia jatuh pada hari ini, Jumat (20/11).
ADVERTISEMENT
Tanggal 20 November ditetapkan sebagai Hari Anak Sedunia pada 14 Desember 1954 melalui resolusi PBB Nomor 836 (XI). Tanggal tersebut dipilih karena Majelis Umum PBB mengadosi Deklarasi Hak Anak pada 1959. Selain itu, Majelis Umum PBB juga membuat deklarasi Konveksi Hak Anak pada 20 November 1989.
Sejak 1990, Hari Anak Sedunia pun turut menandai peringatan untuk Deklarasi Hak Anak dan Konveksi tentang hak anak-anak.
Tema Hari Anak Sedunia 20 November 2020 (138164)
Ilustrasi anak-anak foto:Unsplash
Di tahun 2020 ini, UNICEF mengangkat tema “A day to reimagine a better future for every child” untuk Hari Anak Sedunia. Tema ini mengajak publik untuk membayangkan kembali masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak.
Seperti diketahui, pandemi covid-19 telah mengakibatkan krisis untuk hak anak-anak, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Apabila tidak ditangani, krisis ini dapat berlangsung seumur hidup.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Hari Anak Sedunia mengajak publik untuk berkumpul dan menata ulang dunia yang lebih baik. Hal ini dilakukan untuk kebaikan anak-anak yang menjadi masa depan dunia.
Melansir UNICEF, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melindungi anak-anak, yaitu:
  • Memastikan semua anak untuk belajar, termasuk dengan menutup kesenjangan digital.
  • Menjamin akses ke layanan kesehatan dan gizi, serta membuat vaksin terjangkau yang teredia untuk semua anak.
  • Mendukung dan melindungi kesehatan mental anak-anak serta remaja dan mengakhiri pelecehan, kekerasan berbasis gender, dan penelantaran di masa kanak-kanak.
  • Meningkatkan akses air bersih, sanitasi, kebersihan dan mengatasi degradasi lingkungan serta perubahan iklim.
  • Menggandakan upaya untuk melindungi dan mendukung anak-anak dan keluarganya yang hidup melalui konflik, bencana, dan pengungsian.
(GTT)
ADVERTISEMENT