Entertainment
·
9 Maret 2020 12:22

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online (39338)
Ilustrasi aplikasi kencan online. Photo by Yogas Design on Unsplash
Pada era digital saat ini, aplikasi kencan online menjadi alternatif bagi para lajang menemukan tambatan hati. Salah satu alasan mereka menggunakan aplikasi ini yakni karena kesibukan sehingga minim waktu untuk mencari pasangan.
ADVERTISEMENT
Menjalin hubungan dengan seseorang yang dikenal melalui aplikasi kencan online penuh dengan teka-teki. Bahkan, tak jarang terjadi kasus penipuan hingga pemerasan akibat dari kelalaian pengguna. Alih-alih mendapatkan pasangan, mereka malah merugi.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, simak tips aman dalam menggunakan aplikasi kencan online berikut ini.
Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online (39339)
Illustrasi kencan dengan pasangan. Photo by Matt W Newman on Unsplash
Jangan Mengirim Foto atau Video
Berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal melalui aplikasi kencan online memang menyenangkan. Tetapi hindari bertukar foto atau video diri sendiri. Hal guna mencegah foto atau video kita tidak disebarluaskan atau digunakan untuk tindak kejahatan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
Jangan Terlalu Terbuka
Ketika sedang bermain aplikasi kencan online, ada baiknya untuk tidak terlalu terbuka mengenai identitas diri secara lengkap. Seperti jangan memberitahu mengenai alamat lengkap dan tempat tanggal lahir. Karena itu dapat memicu tindak kriminal seperti penculikan maupun penipuan.
ADVERTISEMENT
Cari Tahu Lebih Banyak
Jika sedang tertarik pada seseorang yang ditemui di aplikasi kencan online, sebaiknya cari tahu lebih banyak tentang lawan bicaramu. Paling sederhana, cari tahu akun media sosialnya. Dari akun media sosial biasanya akan terlihat hobi dan hal yang disukainya. Dari sini kamu nantinya bisa meyakinkan diri apabila ingin memutuskan bertemu dengannya.
Jangan Terlalu Cepat
Hindarilah untuk bertemu dengan seseorang terlalu cepat. Pastikan terlebih dahulu bahwa seseorang tersebut memiliki identitas yang sesuai dengan foto dan namanya. Tidak jarang pengguna aplikasi kencan online memalsukan atau menggunakan data diri milik orang lain. Pengguna bisa menggunakan fitur google image search atau media sosial untuk memastikan foto yang digunakan tidak palsu.
Bertemu di Tempat yang Ramai
ADVERTISEMENT
Bertemu dengan pasangan yang dikenal melalui kencan online tentunya menjadi hal yang dinanti. Jika sudah sepakat ingin kopi darat, pilihlah tempat yang ramai dan tidak jauh dari rumah. Apalagi jika kalian memutuskan untuk bertemu hanya berdua. Lebih bagus lagi ada orang ketiga yang mendampingi pertemuan kalian.
(DNA)