kumparan
search-gray
Woman27 Februari 2020 17:05

Tips Pola Makan Sehat untuk Mencegah Obesitas

Konten kiriman user
vegetables-1085063_960_720.jpg
Ilustrasi Makanan Sehat Foto: Pixabay
Masalah obesitas atau kelebihan berat badan tidak boleh dianggap sepele. Masalah ini dapat meningkatkan resiko penyakit, bahkan kematian. Umumnya, obesitas disebabkan oleh pola makan yang salah. Makanan pemicu obesitas biasanya mengandung lemak dan kalori berlebih.
ADVERTISEMENT
Setiap harinya, kalori yang dibutuhkan manusia adalah 1.500-2.500 kkal sesuai usia, jenis kelamin, aktivitas dan tinggi badan. Jika kalori yang masuk melebihi batas, sudah pasti akan tertumpuk dan menyebabkan penambahan berat badan hingga menjadi obesitas.
Selain aktif bergerak, salah satu cara mencegah obesitas adalah konsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah. Selain itu, makanan sehat pun harus diikuti dengan pola makan teratur.
Berikut aturan pola makan sehat untuk mencegah obesitas.

Konsumsi makanan sehat

Salah satu makanan pemicu obesitas yang paling besar adalah junk food atau makanan cepat saji. Gizi yang dikandungnya jelas sangat tidak seimbang. Jenis lemak didalamnya pun dapat menambahkan berat badan dengan cepat.
Untuk mencegah obesitas, sebaiknya ganti junk food dengan makanan sehat seperti sayur, buah, kacang-kacangan, telur dan ikan. Biasakan juga untuk merebus makanan agar lebih sehat. Jika harus digoreng, gunakan minyak sedikit saja.
ADVERTISEMENT

Camilan sehat

Tak ada salahnya kalau kamu ingin ngemil. Camilan dapat memberikan energi dalam tubuh, sehingga tubuh tidak cepat lapar. Tapi, perhatikan jenis dan porsi camilan. Pilih camilan sehat seperti buah, yogurt, dan kacang-kacangan. Camilan juga harus dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Jangan sampai camilan yang dimakan melebihi kebutuhan kalori harian.

Makan teratur

Pola makan yang baik adalah 3 kali sehari, yaitu makan pagi, siang, dan malam. Porsi makan malam harus lebih sedikit dibanding pagi dan siang. Hindari makan dengan porsi yang besar, hal itu dapat membuat kalori tidak terpakai dengan maksimal. Biasakan makan dengan porsi secukupnya, tambahkan juga aktivitas olahraga agar seimbang.

Makan sebelum jam 9

Langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan masalah pencernaan, berat badan pun akan lebih cepat naik. Pastikan makan malam tidak lebih dari jam 9 agar tubuh diberi waktu mencerna makanan. Tubuh membutuhkan minimal satu sampai tiga jam untuk menetap setelah makan. Waktu makan malam yang ideal adalah sebelum jam 7 dan paling lambat jam 8 malam. (GTT)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white