kumparan
KONTEN PENGGUNA
26 Maret 2020 14:10

Usir Bosan Saat WFH, Isi Waktu Luang dengan 5 Kegiatan Ini

5e7c2a37419ec.png
Work from home atau WFH. Foto: iStock
Work from Home (WFH) telah diberlakukan sejumlah perusahaan dan instansi sejak pekan lalu. Selain bekerja, masyarakat juga diminta untuk belajar dan beribadah di rumah sebagai bentuk physical distancing atau mengisolasi diri dari kegiatan sosial.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dilakukan demi memerangi wabah virus corona yang belum juga berhenti. Bahkan, di Indonesia jumlah korban semakin meningkat menjadi 790 orang hingga Rabu (25/3).
Kabar baiknya, kebijakan WFH ini membuat kita memiliki banyak waktu berkualitas di rumah. Waktu ini bisa digunakan untuk melakukan kegiatan positif untuk meminimalisir rasa bosan dan stres.
Berikut rekomendasi kegiatan yang masih bisa dilakukan di rumah walau sedang WFH.

Membaca

5e7c2afdc6d08.png
Ilustrasi membaca. Foto: iStock
Membaca buku memang tak kenal waktu karena bisa dilakukan kapan saja. Hanya saja terkadang kita lupa menyentuh buku saat sedang sibuk bekerja. Momen WFH seperti ini menjadi kesempatan bagus untuk kembali membaca buku.
Membaca buku dapat meningkatkan kecerdasaan dan membantu mengurangi stres. Coba sesekali sempatkan membaca buku ringan seperti teenlit atau novel fiksi.
ADVERTISEMENT

Menulis

5e7c2a9a3339b.png
Ilustrasi menulis. Foto: iStock
Tak hanya membaca, kamu juga bisa melakukan kegiatan menulis. Aktivitas satu ini dianggap mampu melatih kesabaran dan sebagai bentuk terapi diri.
Kamu bisa menulis catatan harian atau cerita pendek yang belum sempat diungkapkan. Tak perlu langsung jadi, kamu bisa memulainya dengan menulis rangkaian cerita terlebih dahulu seperti alur dan karakter yang diinginkan. Dengan hobi sederhana seperti ini siapa tahu akan membawamu menjadi penulis suatu hari nanti.

Memasak

5e7c2b5cb1fe7.png
Ilustrasi memasak. Foto: iStock
Adanya WFH ini membuat kamu yang hobi memasak bisa kembali menggali keahlian tersebut. Buka kembali buku resep yang sempat tertutup rapat atau menonton video tutorial memasak di Youtube.
Tak perlu mewah, kamu bisa memulai dari masakan sederhana dengan bahan-bahan praktis yang ada di rumah. Selain melatih kreativitas, mencicipi hasil masakan yang lezat juga membantu mengurangi stres.
ADVERTISEMENT

Bermain Alat Musik

5e7c2ba2aabe2.png
Ilustrasi bermain alat musik. Foto: iStock
Kegiatan seni yang bisa membangkitkan suasana hati dan melepas jenuh yakni bermain musik. Dengan meluangkan waktu untuk bermain alat musik, kamu bisa belajar meningkatkan konsentrasi serta mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia.

Melukis

5e7c2c1d43806.png
Ilustrasi melukis. Foto: iStock
Kegiatan yang berkaitan dengan seni lainnya untuk mengisi waktu luang di tengah WFH yaitu melukis. Dengan melukis, kamu dapat melatih kreativitas dan menuang emosi menjadi lebih positif. Melukis tak jarang membuka lapangan pekerjaan untuk menghasilkan uang.
(Rav)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan