kumparan
30 Okt 2018 15:45 WIB

10 Negara dengan Tingkat Kecelakaan Pesawat Terbanyak

Kecelakaan pesawat di Turki (Foto: AFP)
Tragedi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 menambah daftar panjang kecelakaan udara yang dialami maskapai penerbangan Indonesia. Pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang ini membawa 188 penumpang termasuk awak pesawat yang hingga saat ini masih dievakuasi.
ADVERTISEMENT
Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP merupakan jenis Boeing 737 MAX 8 yang dikabarkan jatuh di Tanjung Karawang, setelah 13 menit lepas landas dan hilang kontak. Pesawat Boeing 737 MAX 8 merupakan seri terbaru dari pesawat Boeing yang baru pertama kali dioperasikan oleh maskapai Lion Air sejak Agustus lalu.
Dengan adanya tragedi penerbangan ini, Indonesia kembali menambahkan daftar tragedi kecelakaan penerbangan. Dalam data yang ada, Indonesia menduduki peringkat kedelapan negara dengan tingkat kecelakaan pesawat terbanyak. Dilansir Statista per 16 Agustus 2018, berikut daftar negara yang memiliki tingkat kecelakaan pesawat terbanyak sejak 1945.
1. Amerika Serikat
DC-10 American Airlines. (Foto: Chicago Tribune)
Negara Amerika Serikat menjadi negara dengan tingkat kecelakaan tertinggi di dunia. Dalam data yang ada, Amerika menduduki peringkat pertama dengan jumlah kecelakaan mencapai angka 829 kasus. Kecelakaan pesawat di Amerika terparah pernah terjadi sekitar tiga puluh sembilan tahun yang lalu, yaitu pada 25 Mei 1979.
ADVERTISEMENT
Dilansir Chicago Tribune, pesawat American Airlines mengalami kecelakaan di Bandara Internasional O’Hare di Chicago, Amerika Serikat (AS) dan merupakan sejarah kecelakaan pesawat terburuk di negeri Paman Sam karena telah menewaskan lebih dari 270 orang. Kecelakaan terjadi disebabkan oleh konfigurasi mesin yang kurang tepat pasca-perawatan rutin.
2. Rusia
Airbus A321 Rusia. (Foto: Sputnik International)
Rusia menjadi negara kedua yang masuk ke dalam daftar negara dengan tingkat kecelakaan pesawat terbanyak. Di Russia, kasus kecelakaan pesawat telah mencapai angka 521.
Kecelakaan pesawat Airbus A321 Rusia di Sinai, menjadi kecelakaan udara yang paling mematikan dalam sejarah penerbangan Rusia. Dalam kasus ini, tercatat bahwa ada 212 penumpang dan 7 awak pesawat yang menjadi korban.
ADVERTISEMENT
3. Brasil
Airbus A320 Brazil. (Foto: Yahoo News Singapore)
Brasil merupakan negara ketiga yang masuk dalam daftar negara dengan tingkat kecelakaan pesawat terbanyak. Kasus kecelakaan pesawat di Brasil mencapai angka 188 kasus. Negara itu memiliki dua kasus kecelakaan besar pada 2006 dan 2007.
Pada September 2006, satu jet penumpang maskapai Gol mengalami kecelakaan di hutan Amazon setelah bertabrakan dengan sebuah pesawat pribadi. Sebanyak 154 orang dalam kabin pesawat tewas. Dan pada Juli 2007, seluruh penumpang pesawat yang berjumlah 187 orang di kabin dan 12 orang di darat tewas saat sebuah pesawat Airbus A 320 milik maskapai TAM tergelincir di landasan Bandara Congonhas, Sao Paulo.
4. Kolombia
Lamia Airlines. (Foto: The Economist)
ADVERTISEMENT
Negara Kolombia menjadi negara di urutan keempat dalam daftar negara yang memiliki tingkat kecelakaan pesawat terbanyak, yaitu mencapai 182 kasus. Salah satu kecelakaan pesawat Kolombia yang menjadi banyak perbincangan adalah kecelakaan pesawat Lamia Flight 2933.
Pesawat ini melakukan penerbangan dari Santa Cruz de la Sierra, Bolivia ke José María Córdova, Bandara Internasional di Medellín, Kolombia pada 28 November 2016.
Pesawat ini membawa 81 orang dengan 72 penumpang dan 9 awak. Pesawat ini juga mengangkut tim sepak bola Associação Chapecoense de Futebol, Brasil yang sedang dalam perjalanan untuk menghadapi Atlético Nacional dalam laga final Copa Sudamericana 2016. Kehabisan bahan bakar adalah dugaan kuat dari penyebab kecelakaan pesawat hingga jatuh di Cerro Gordo yang terletak di La Unión.
ADVERTISEMENT
5. Kanada
Trans Canada DC8. (Foto: Canadian Press)
Sebanyak 179 kasus kecelakaan pesawat menjadikan negara Kanada berada diurutan kelima dalam daftar. Salah satu kasus kecelakaan yang pernah terjadi adalah kecelakaan pesawat maskapai Trans-Canada DC8.
Pesawat dengan rute penerbangan dari Montreal menuju Toronto ini terbakar sekitar empat menit sebelum lepas landas hingga menyebabkannya jatuh di sebuah lahan luas sekitar 20 mil dari Montreal.
Kejadian ini terjadi pada 29 November 1963 dan merupakan salah satu kecelakaan terburuk dengan total korban mencabai 111 orang yang menjadi korban.
6. UK (United Kingdom)
BEA Trident. (Foto: daily mirror)
United Kingdom menjadi negara keenam yang masuk ke dalam daftar dengan total kasus mencapai angka 105. Penerbangan British European Airways (BEA) 548 merupakan salah satu kasus kecelakaan besar yang sempa terjadi di UK. Penerbangan BEA Trident ke Brussels melakukan lepas landas dari Bandara Heathrow untuk terakhir kalinya pada 18 Juni 1972 sekitar 46 tahun yang lalu.
ADVERTISEMENT
Tragedi kecelakaan terjadi hanya dalam waktu 150 detik ketika Trident 1 G-ARPI jatuh ke lapangan dekat Staines setelah mesinnya macet, menewaskan semua 112 penumpang di dalamnya dan enam anggota awak dengan total jumlah korban mencapai 118 orang korban.
7. Prancis
Air France Flight. (Foto: The New York Times)
Negara Prancis menjadi salah satu negara selanjutnya yang masuk ke dalam daftar dengan total kasus yang pernah terjadi adalah 104 kasus. Salah satu tragedi kecelakaan pesawat adalah Air France Flight 447 yang terjadi di tahun 2009 lalu.
Pesawat ini memiliki rute penerbangan dari Rio de Janeiro, Brasil, ke Paris, Prancis dan terjatuh pada 1 Juni 2009. Airbus A330, yang dioperasikan oleh Air France, macet dan tidak dapat diperbaiki hingga akhirnya menabrak Samudera Atlantik hingga menewaskan semua 228 penumpang dan awak di atas pesawat.
ADVERTISEMENT
8. Indonesia
Airbus A300-B4 Garuda Indonesia. (Foto: Bureau of Aircraft Accidents Archives)
Negara Indonesia juga turut masuk ke dalam daftar negara dengan kasus kecelakaan pesawat terbanyak dan menempati urutan ke delapan dengan kasus mencapai 98. Salah satu kasus kecelakaan pesawat terbesar yang pernah terjadi di Indonesia adalah Airbus A300-B4 Garuda Indonesia yang terjadi pada 1997.
Pesawat dengan rute Jakarta-Medan itu jatuh di Desa Buah Nabar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dan telah bersiap untuk mendarat.
Dalam tragedi ini, sebanyak 222 orang penumpang dan 12 awak pesawat tewas. Penyebab kecelakaan diketahui karena adanya kesalahan komunikasi antara pilot dan petugas menara kontrol Polonia yang membantu mengarahkan pesawat. Hal ini dikarenakan saat itu kota Medan sedang diselimuti asap tebal karena kebakaran hutan.
ADVERTISEMENT
9. Meksiko
Aeroméxico Connect Flight 2431. (Foto: ABC News)
Negara Meksiko masuk ke dalam daftar negara kesembilan yang memiliki kasus kecelakaan pesawat terbanyak dengan 98 kasus. Salah satu kasus kecelakaan pesawat di Meksiko yang menjadi pemberitaan besar adalah Aeroméxico Connect Flight 2431. Tragedi kecelakaan pesawat ini terjadi pada 31 Juli 2018 lalu setelah melakukan lepas landar dari Durango, Meksiko. Dalam tragedi ini, dikabarkan bahwa 103 penumpang selamat dan 85 mengalami luka-luka.
10. India
Air India Express Flight 812. (Foto: The Hindu)
Negara terakhir yang ikut mengambil bagian dalam daftar sepuluh besar negara dengan kasus kecelakaan pesawat terbanyak adalah India, dengan total 93 kasus. Salah satu kasus kecelakaan besar yang pernah dialami adalah Air India Express Flight 812 di tahun 2010 lalu.
ADVERTISEMENT
Pesawat jenis Boeing 737-800 ini melakukan penerbangan dari Dubai menuju Mangalore, India mengalami kecelakaan saat melakukan pendaratan. Dari 160 penumpang dan dan 6 awak pesawat, hanya 8 yang dinyatakan selamat.
Flight 812 adalah kecelakaan paling mematikan yang melibatkan semua varian Boeing 737 dan kecelakaan penerbangan paling mematikan ketiga di India, setelah tabrakan udara Charkhi Dadri 1996 dan kecelakaan 1978 Air India Flight 855.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan