kumparan
15 Apr 2019 17:18 WIB

5 Cara Protes Unik ala Netizen yang Sempat Viral di Media Sosial

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Bagaimana caramu untuk melayangkan sebuah protes atas suatu hal yang terjadi? Berdemo? Menyebar petisi? Atau bagaimana?
ADVERTISEMENT
Berdemo atau menyebar petisi memang cukup efisien untuk menyalurkan kekecewaanmu. Namun, para netizen ini juga punya cara unik untuk memprotes yang tidak kalah efisien dari demo atau menyebar petisi.
Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak lima cara unik untuk protes yang telah kami rangkum.
1. Photoshoot di jalan yang rusak
Loading Instagram...
Masih ingat fenomena ini? Dua orang model yang berpose di tengah rendaman lumpur akibat jalan yang rusak?
Ide menjadikan jalanan yang rusak dan berlumpur sebagai tempat photoshoot itu berasal dari Robby Ari Sanjaya. Lewat unggahan foto di Instagramnya @as_robby, ia mengkritik pemerintah daerah Sumatera Selatan agar segera memperbaiki jalan di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.
Tak disangka jika hasil fotonya tersebut viral di media sosial. Luapan protes Robby itupun ditanggapi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.
ADVERTISEMENT
2. Lepas buaya di jalan berlubang
Seekor anak buaya berukuran dua meter dilepas warga di jalanan rusak di kelurahan Dulalowo, Kota Gorontalo, Sabtu, (13/4/) (Foto : istimewa)
Masih seputar protes terhadap pemerintah karena jalan berlubang yang tak kunjung diperbaiki. Bedanya, Romi Pakaya, melepas seekor buaya peliharaan di badan jalan Kelurahan Dulalowo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Sabtu (13/4).
Aksi itu dilakukan Romi dan warga sekitar lantaran gemas dengan pemerintah yang tidak kunjung memperbaiki jalanan berlubang di daerah tersebut. Padahal jalan rusak itu kerap mengakibatkan kecelakaan.
3. Mahfud MD protes dengan cuitan sarkasme
Pada Selasa (28/2/17), Mahfud MD pernah membuat cuitan yang berisi protes kepada jasa ekspedisi pengiriman barang lantaran lambatnya pelayanan mereka. Kocaknya, cuitan Mahfud MD justru bernada sarkas karena alih-alih memprotes secara langsung, ia malah berterima kasih kepada ekspedisi tersebut yang mengirimkan undangan acara sehari setelah acaranya berlangsung.
ADVERTISEMENT
Aksi protes Mahfud MD kemudian diikuti oleh netizen lain. Banyak netizen yang juga membalas cuitan Mahfud dengan me-mention akun Twitter ekspedisi tersebut.
4. Komplain listrik mati di Maguwoharjo
Sama halnya dengan Mahfud yang protes lewat cuitan di Twitter, pemilik akun Twitter @LordRio82 juga melayangkan komplainnya dengan me-mention akun Twitter resmi PLN. Bukan hanya lewat cuitan, ia juga mengunggah foto gelap gulita yang menjadi bukti jika keadaan di rumahnya memang mati lampu tanpa alasan yang jelas.
5. Jemur baju di kabel telepon yang copot
Foto: Tangkapan layar cuitan @Mouldie_Sep
@mouldie_sep pernah mengunggah foto dirinya sedang menjemur baju koko di kabel telepon yang copot pada Februari 2017. Foto itu ditunjukkan sebagai bentuk protesnya terhadap salah satu provider telepon. Meski sudah tiga minggu Mouldie memprotesnya lewat cuitan di Twitter, namun pihak provider tak kunjung memperbaiki kabel yang copot.
ADVERTISEMENT
Hmmm kalau kamu pernah enggak ikutan protes dengan cara unik kayak gitu? (NS)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·