Pencarian populer
USER STORY

5 Fakta Ditemukannya Kuburan Massal di Aceh yang Gemparkan Warga

Warga Aceh Besar temukan kuburan massal di areal lokasi pembangunan rumah. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan) Warga Dusun Lamseunong, Gampong Kajhu, Kabupaten Aceh Besar digemparkan dengan adanya penemuan puluhan kantong hitam berisi tulang-belulang manusia pada Rabu pagi (19/12). Berikut 5 fakta penemuan puluhan kantong hitam yang diduga adalah jenazah korban bencana besar Tsunami 14 tahun silam.
ADVERTISEMENT
1. Ditemukan di Lokasi Proyek Perumahan
Warga Aceh Besar temukan kuburan massal di areal lokasi pembangunan rumah. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan) Puluhan kantong jenazah yang berisi tulang-belulang manusia itu ditemukan dalam satu lokasi. Lokasi penemuan itu berada di halaman sebuah rumah bersubsidi di Dusun Lamseunong yang masih dalam proses pengerjaan. Kabarnya, rumah bersubsidi itu dibangun oleh sebuah perusahaan pengembang perumahan.
2. Jenazah Ditemukan dari Kedalaman Sekitar 1 Meter
Warga Aceh Besar temukan kuburan massal di areal lokasi pembangunan rumah. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan) Penemuan puluhan kantong jenazah itu mulanya ditemukan pekerja bangunan yang tengah melakukan penggalian tanah untuk pembuatan saptic tank di lokasi proyek Perumahan Nirwana pada Selasa sore (18/12).
ADVERTISEMENT
Baru sekitar 1 meter kedalaman galian, pekerja yang melakukan galian menemukan kantong yang diduga adalah jenazah. Ia kemudian segera melaporkan temuannya kepada tokoh masyarakat Dusun Lamseunong.
Setelah dicek ternyata temuan itu benar jenazah. Namun karena hari menjelang malam dan harus berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat lainnya untuk tindakan selanjutnya, akhirnya diputuskan keesokan harinya, Rabu (19/12) barulah jenazah-jenazah itu diangkat dari lokasi penemuan. Baca Juga: - 4 Jenazah di Kuburan Massal Proyek Perumahan Aceh Teridentifikasi - Warga Aceh Temukan Kuburan Massal di Area Pembangunan Perumahan - Cerita Warga Saat Temukan Kuburan Massal di Area Pembangunan Perumahan
3. Jenazah Diduga Korban Tsunami Aceh 2004
Warga Aceh Besar temukan kuburan massal di areal lokasi pembangunan rumah. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan) Lokasi penemuan puluhan jenazah di Dusun Lamseunong diduga adalah sebuah kuburan massal. Jenazah-jenazah itu diduga merupakan korban Tsunami yang sempat menerjang Aceh tahun 2004 silam. Namun, warga setempat tidak ada yang mengetahuinya lantaran tidak ada tanda-tanda apapun. Sebelum dibangun perumahan, lokasi tersebut adalah lahan kosong yang bersemak.
ADVERTISEMENT
4. Sebanyak 45 Jenazah Ditemukan
Sejumlah warga salat jenazah korban tsunami di Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan) Setelah digali lebih dalam, total sebanyak 45 kantong jenazah ditemukan dari lokasi tersebut. Semua jenazah itu terbungkus kantong hitam. Kantong-kantong jenazah itu diangkat ke halaman musalla setempat untuk dikuburkan kembali dengan layak di tanah pekuburan setempat secara massal. Namun, sebelum itu terlebih dulu dilakukan identifikasi terhadap 45 jenazah yang ditemukan.
5. Empat Jenazah Telah Teridentifikasi
Sejumlah warga salat jenazah korban tsunami di Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan) Dari ke-45 jenazah yang ditemukan itu terdiri dari 24 jenazah laki-laki, 16 perempuan, dan 5 balita. Sementara itu, 4 jenazah di antaranya telah teridentifikasi. Ada Mariam Husin yang beralamat di Ule Jurong Baroh, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, yang teridentifikasi berdasarkan KTP; Sri Yunita berdasarkan kartu SIM; dan dua mahasiswa atas nama Faizal Reza dan Burhanuddin.
ADVERTISEMENT
(zhd) Baca lebih banyak berita mengenai artis/seleb/sepak bola/info unik lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81