kumparan
6 November 2019 19:05

5 Fakta Risa Santoso, Perempuan yang Jadi Rektor Termuda Indonesia

risaaa.jpg
Risa Santoso, perempuan berusia 27 tahun yang menjadi rektor termuda di Indonesia. (Foto: Instagram @santosorisa)
Belakangan ini nama Risa Santoso ramai diperbincangkan publik. Perempuan berusia 27 tahun itu baru saja dilantik sebagai rektor Institut Teknologi Bisnis (ITB) ASIA Malang. Hal ini sekaligus menjadikan Risa Santoso sebagai rektor termuda Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pada usianya yang terbilang masih sangat muda, Risa Santoso telah dilantik sebagai rektor pada Sabtu lalu (2/11). Kendati demikian, ia memiliki segudang pengalaman. Bahkan, latar belakang perempuan kelahiran 27 Oktober 1992 ini juga menjadi sorotan publik.
Berikut lima fakta Risa Santoso yang menjadi rektor termuda Indonesia.
1. Lulusan dari Universitas Ternama
risa1.jpg
Risa Santoso menyelesaikan pendidikan S1 di University of California. (Foto: Instagram @santosorisa)
Diketahui, Risa Santoso merupakan jebolan universitas ternama. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di University of California, Amerika Serikat. Di kampus tesebut, Risa Santoso mengambil jurusan ekonomi.
2. Dapat Beasiswa S2 di Harvard University
risa3(1).jpg
Risa Santoso menyelesaikan pendidikan S2 di Harvard University. (Foto: Instagram @santosorisa)
Setamat S1, Risa Santoso kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Harvard University jurusan pendidikan. Ia menempuh pendidikan di Harvard University yang juga berada di Amerika melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
ADVERTISEMENT
3. Pernah Bekerja di Kantor Staf Presiden
risa2.jpg
Risa Santoso pernah bekerja di Kantor Staf Presiden sebagai Tenaga Ahli Muda. (Foto: Instagram @santosorisa)
Jauh sebelum menjadi rektor ITB Asia Malang, Risa Santoso rupanya pernah bekerja di Kantor Staf Presiden. Di sana ia menjabat sebagai Tenaga Ahli Muda selama 1 tahun lebih 7 bulan, mulai Agustus 2015 sampai Februari 2017. Setelah itu, ia juga bekerja sebagai direktur pengembangan bisnis di Business Wisdom Institue selama 2 tahun lebih 9 bulan.
4. Menjadi Direktur Pengembangan
risaa(1).jpg
Risa Santoso dilantik sebagai Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang pada 2 November 2019. (Foto: Instagram @michaelsugijanto)
Tidak hanya itu, perempuan yang menyukai travelling ini pernah menjadi inisiator ASIA Enterpreneur Training Program (AETP) yang merupakan program akselerasi kerja sama antara Swiss dan Indonesia. Selain itu, Risa Santoso juga sempat ditunjuk sebagai inisiator dari ASIA Hackaton dan program magang luar negeri.
ADVERTISEMENT
Terakhir sebelum menjadi rektor, Risa Santoso diketahui menjabat Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus Institue ASIA.
5. Kalahkan Riki Saputra Sebagai Rektor Termuda
risaa.jpg
Risa Santoso dilantik sebagai Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang pada 2 November 2019. (Foto: Instagram @michaelsugijanto)
Setelah dilantik sebagai rektor ITB ASIA Malang, Risa Santoso tercatat sebagai rektor termuda di Indonesia. Ia mengalahkan rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Riki Saputra yang menjadi rektor pada umur 36 tahun. Riki Saputra mulai menjadi rektor pada Februari 2019 lalu.
(zhd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan