News
·
16 November 2019 12:05

Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah

Konten ini diproduksi oleh Berita Heboh
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153130)
Gibran bersama anak keduanya, La Lembah Manah. (Foto: Dok. Agus Suparto)
Keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah Berbahagia. Istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, telah melahirkan anak keduanya di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11). Bayi berjenis kelamin perempuan itu memiliki tinggi 46,5 cm dan berat 2,29 kg.
ADVERTISEMENT
Gibran Rakabuming pun telah mengumumkan nama cucu ketiga Jokowi itu. Disebut mirip Jan Ethes, bayi tersebut diberi nama yang cukup unik, yaitu La Lembah Manah.
Jika ditilik ke belakang, cucu-cucu Jokowi memang memiliki nama yang unik. Pun dengan nama anak-anak Presiden RI ke-7 itu. Nah, berikut sederet nama unik anak hingga cucu Jokowi beserta artinya mulai dari Gibran Rakabuming hingga La Lembah Manah.
1. Gibran Rakabuming Raka
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153131)
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka saat tiba untuk melakukan pertemuan tertutup dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Jokowi. Nama Gibran Rakabuming Raka seolah melambangkan doa dari kedua orang tuanya. Gibran bisa diartikan sebagai laki-laki yang pandai, sederhana, dan apa adanya. Raka memiliki arti keteguhan dan kebijaksanaan, sementara Bumi adalah tanah.
Jadi, Gibran Rakabuming Raka bisa diartikan sebagai anak laki-laki yang pandai, teguh, dan bijaksana, tepi tetap sederhana dan membumi alias tidak sombong.
ADVERTISEMENT
2. Kahiyang Ayu
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153132)
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. (Foto: Instagram @ayanggkahiyang)
Putri satu-satunya Jokowi ini lahir di Solo pada 20 April 1991. Kahiyang bisa diartikan yang tersayang, sedangkan Ayu dalam bahasa Jawa arinya cantik. Jadi, Kahiyang Ayu bisa diartikan sebagai perempuan tersayang yang cantik.
3. Kaesang Pangarep
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153133)
Kaesang Pangarep (Foto: Instagram @kaesangp)
Putra bungsu Jokowi ini lahir pada 25 Desember 1994. Jokowi pernah mengungkapkan dalam sebuah acara talk show bahwa kata Kaesang sebenarnya dipisah Kae-Sang. Kae artinya itu, Sang artinya yang, dan Pangarep berarti pemimpin atau yang terdepan.
4. Jan Ethes Srinarendra
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153134)
Jan Ethes di acara Moms Mingle yang digelar kumparanMOM. (Foto: Dok. Willy Hadinata)
Jan Ethes merupakan anak pertama Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Ia lahir pada 10 Maret 2016. Dalam sebuah acara yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi, Gibran sempat membocorkan arti nama anak pertamanya yang diambil dari bahasa Jawa itu. Jan Ethes artinya sangat cekatan, sementara Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas.
ADVERTISEMENT
5. Sedah Mirah
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153135)
Kahiyang Ayu (tengah) bersama dan Bobby Nasution saat merayakan ulang tahun anak semata wayangnya, Sedah Mirah. (Foto: Instagram @ayanggkahiyang)
Masih dalam acara di televisi yang sama, arti nama Sedah Mirah, putri Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga diungkap oleh sang ayah. Bobby Nasution mengaku memberikan putrinya yang lahir pada 1 Agustus 2018 dengan nama Sedah Mirah karena memiliki arti wanita yang cantik nan anggun. Sementara Nasution merupakan marga dari sang Ayah.
6. La Lembah Manah
Arti Nama Anak dan Cucu Jokowi, dari Gibran hingga La Lembah Manah (153136)
Gibran bersama kedua anaknya. (Foto: Dok. Agus Suparto)
Pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda kembali dianugerahi buah hati. Anak kedua yang berjenis kelamin perempuan itu diberi nama La Lembah Manah. Nama cucu ketiga Jokowi ini juga diambil dari bahasa Jawa.
Lembah Manah berarti rendah hati. Sementara La, Gibran mengungkapkan itu merupakan sebuah singkatan. Namun, sang ayah mengaku masih merahasiakan kepanjangan sekaligus arti dari La yang menjadi nama depan adik Jan Ethes itu.
ADVERTISEMENT
(zhd)