kumparan
KONTEN PENGGUNA
27 November 2019 14:18

Pembawa Bendera Saat Demo Akan Diadili, #BebaskanLuthfi Menggema

8ceaaaf8-8e7c-4b53-bf37-a127af246515.jpg
Luthfi Alfiandi saat aksi demo 'Reformasi Dikorupsi' (Foto: Instagram @luthfialfiandi_)
Masih ingatkah dengan sosok pelajar yang viral lantaran fotonya tengah membawa bendera Merah Putih saat demo mahasiswa pada September lalu? Dalam foto tersebut Luthfi yang turut turun ke jalan di depan gedung DPR tampak melindungi matanya dari gas air mata.
ADVERTISEMENT
Pasca-ikut aksi demo 'Reformasi Dikorupsi' dan fotonya viral, Luthfi malah terjerat kasus hukum. Sebelum terkonfirmasi ditahan di kepolisian, kabar hilangnya selama 24 jam sempat membuat gempar publik.
Sampai pada akhirnya diketahui bahwa Luthfi ditangkap pada 30 September 2019 dan mulai ditahan pada 1 Oktober 2019. Setelah ditahan, kabarnya ia akan diadili bulan depan. Bahkan, berkas-berkasnya kini sudah dilimpahkan ke kejaksaan.
demoo.jpg
Suasana massa mahasiswa saat demo di depan gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (24/9/2019). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Luthfi dijerat tuduhan melawan aparat saat demonstrasi dan melakukan kekerasan yang dirangkum dalam empat pasal, yaitu pasal 170, 212, 214, dan 218 KUHP. Tuduhan tersebut dilayangkan berdasarkan barang bukti video ketika dia membawa bendera sambil melindungi matanya karena efek gas air mata.
Terkait hal tersebut warganet pun menuntut keadilan untuk Luthfi. Banyak dari mereka yang memberikan dukungan. Bahkan, tagar #BebaskanLuthfi pun ramai hingga trending topic di Twitter. Banyak warganet yang menilai Luthfi tidak bersalah. Ia layak dibebaskan.
ADVERTISEMENT
"Apa yang salah dari adinda Luthfi? Di tengah jutaan anak muda yang bergumul dengan permainan tak bermanfaat, ia hibahkan energinya, turun ke jalan, menyuarakan kebenaran yang diyakininya. #BebaskanLuthfi " ujar akun @eae18.
"You'll never walk alone Luthfi #BebaskanLuthfi" dukung akun @isminurjanah18.
Hingga artikel ini naik cuitan dengan tagar #BebaskanLuthfi sudah berjumlah lebih dari 32 ribu. Selain dukungan di Twitter, warganet juga memenuhi kolom komentar foto di Instagram Luthfi dengan dukungan dan doa.
(wnd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan