Pencarian populer
USER STORY

Penuh Risiko, Ini 5 Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia

Ilustrasi pekerja. (foto: Unsplash)
Pekerja atau buruh di seluruh dunia tengah memperingati May Day alias Hari Buruh Internasional pada 1 Mei. May Day menjadi simbol gerakan buruh dalam memperjuangkan hak-hak mereka sebagai pekerja.
ADVERTISEMENT
May Day akhirnya menjadi hari libur internasional yang identik dengan aksi kaum pekerja menyuarakan haknya. Tuntutan para buruh berupa pemenuhan hak finansial, kenyamanan, hingga keselamatan kerja.
Meskipun begitu, masih banyak pekerjaan di dunia yang memiliki risiko tinggi. Pekerjaan-pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, dan butuh kemampuan khusus. Melansir kanal YouTube Trend Central, berikut lima pekerjaan paling berbahaya di dunia.
  1. Pengecat jembatan
(foto: YouTube/Trend Central)
Mengecat jembatan-jembatan raksasa hingga selesai ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama. Orang-orang yang bekerja sebagai pengecat jembatan raksasa biasanya harus lolos tes tertentu untuk bisa menjalani pekerjaan yang berisiko tinggi ini. Para pekerja harus mempertaruhkan keselamatan mereka dengan mengecat di ketinggian.
  1. Teknisi turbin angin
(foto: YouTube/Trend Central)
Turbin angin adalah kincir angin yang menghasilkan energi listrik. Turbin angin menghasilkan energi yang bersih untuk ekosistem bumi. Saat rusak, turbin angin butuh diperbaiki sesegera mungkin.
ADVERTISEMENT
Lokasi turbin angin yang biasanya berada di daerah terpencil berangin kencang membuatnya hanya bisa diperbaiki oleh orang-orang berkemampuan khusus. Tidak hanya pintar di bidangnya, teknisi turbin juga harus memiliki keberanian tinggi untuk memanjat tiang setinggi 350 kaki atau setara 106 meter, meski ada pengaman yang menyertainya.
  1. Pembersih jendela gedung pencakar langit
(foto: YouTube/Trend Central)
Tidak sedikit orang yang memiliki ketakutan berlebih akan ketinggian. Orang-orang yang takut ketinggian bisa mengalami pusing dan mual hingga serangan panik bila berada di lokasi yang tinggi. Hal ini yang membuat pekerjaan pembersih jendela pencakar langit tidak bisa dilakukan semua orang.
Pekerjaan ini juga sangat bergantung pada kondisi cuaca. Saat angin kencang, para pekerja biasanya tidak dapat melakukan tugasnya karena berbahaya. Kesalahan membaca kondisi angin dan kekeliruan alat bisa menjadi hal fatal bagi pekerjanya.
ADVERTISEMENT
  1. BASE Jumper
(foto: YouTube/Trend Central)
BASE jumping menjadi salah satu olahraga paling ekstrem di dunia. Namun bagi sebagian orang hal ini tak hanya menjadi hobi, namun juga sumber mata pencaharian. Mulai dari menjadi atlet BASE jumping yang dibayar sponsor, hingga menjadi instruktur.
Hanya satu saja kesalahan kecil pada peralatan maupun gerakan angin yang tidak terperkirakan, bisa menghasilkan kecelakaan fatal. Tahun 2016 saja ada 37 kematian terjadi akibat BASE jumping.
  1. Tower Climber
(foto: YouTube/Trend Central)
Mendaki menara tidaklah mudah. Pendaki biasanya harus memanjat menara setinggi 1500 kaki atau setara 457 meter di sebuah tempat antah berantah, dengan berbekal beberapa perlengkapan dan tali untuk pengaman.
Teknisi yang bertugas untuk mengganti bohlam lampu di atas menara penyiaran biasa dibayar $ 20 ribu sekali tugas tiap enam bulan. Bayaran tinggi ini dikarenakan risiko yang besar bagi pekerja serta kemampuan dan keahlian khusus yang harus dimiliki untuk pekerjaan ekstrem ini.
ADVERTISEMENT
(rin)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80