kumparan
19 September 2019 16:32

Spotify Bikin 'Playlist' untuk Respons Kebakaran Hutan di Indonesia

karhutla di kalimantan reuters.png
Suasana kebakaran hutan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Foto: Reuters/Willy Kurniawan
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan dan Sumatera tak kunjung membaik. Kualitas udara di sana juga kian memburuk.
ADVERTISEMENT
Dampaknya, banyak warga, terlebih anak-anak, menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Sesak, mata perih, dan pusing menjadi hal wajar yang diderita warga terdampak kabut asap. Keluar rumah tanpa menggunakan masker pun sudah tampak mustahil. Ya, statusnya sudah segawat itu.
Untuk itu, semua kalangan bagai bersatu. Mengutuk segala pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya kebakaran ini, dari pemerintah hingga aparat yang dianggap lambat menyelesaikan kebakaran hutan di kawasan tersebut.
Media untuk menyalurkan respons atas kejadian ini tentu beragam. Seperti aksi Spotify yang memilih untuk menerbitkan playlist atau daftar lagu dengan tema bencana asap yang berjudul 'Hazed and Confused'.
hazed n confused spotify.png
Playlist 'Hazed & Confused' di Spotify. Dok. Istimewa
Lagu-lagu di playlist itu berkaitan dengan asap atau api, misalnya lagu Fire Burning milik Sean Kingston, No Air dari Jordin Sparks, Burn dari Ellie Goulding, Lose My Breath dari Destiny's Child, sampai Waiting On The World to Change-nya John Mayer.
ADVERTISEMENT
"Asap adalah kata yang besar. Tapi kami benar-benar-benar-benar enggak suka sama kamu," tulis Spotify dalam keterangan playlist tersebut.
Sejak dirilis Rabu (18/9), playlist yang berisikan 69 lagu itu sudah diikuti lebih dari 10 ribu pengguna Spotify. Dan tentunya menarik perhatian warganet.
"Gak kaget kalau 'No Air' -nya Jordin dan Chris ada di playlist 'Hazed and Confused'-nya Spotify. Lol," komentar pengguna Twitter dengan user name @shaniaaalau.
Meski hanya sebagai respons terhadap kasus kebakaran hutan di Indonesia, tapi lagu-lagunya pas banget 'kan sama situasi sekarang?
(NS)
Baca lebih banyak berita mengenai berita heboh/berita artis/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan