Pencarian populer
USER STORY
14 Desember 2018 18:01 WIB
..
..
Suara Misterius di Langit Jawa Tengah, Ulah Pesawat Terbesar Dunia?
Ilustrasi langit malam. (Foto: Unsplash)
Suara misterius terdengar dari langit di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Suara tersebut menggema kencang pada Kamis (14/12) sekitar pukul 01.00 WIB di langit Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kabupaten Batang, bahkan Semarang.
Dalam video yang viral di media sosial tersebut, terdengar suara mirip dengungan pesawat. Ada juga saksi yang mengatakan suara terdengar seperti klakson kereta api.
Suara aneh tersebut dilaporkan berlangsung sekitar satu menit. Hingga saat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih mendiskusikan asal suara misterius tersebut.
BMKG memastikan ini bukan fenomena cuaca. Diperkirakan suara berasal dari baling-baling pesawat. Namun, berdasarkan video saat kejadian, tidak terlihat lampu pesawat di langit malam.
Kejadian langka ini menimbulkan banyak spekulasi dari warganet yang mengaku mendengar langsung suara tersebut. Salah satu dugaan yang populer dipercaya banyak pihak adalah suara berasal dari pesawat terbesar di dunia, yaitu Antonov asal Ukraina.
"Katanya suara pesawat antonov terbang rendah ngehindarin cuaca buruk," kata seorang warganet dengan nama akun @twomeanie.
Ada juga yang beranggapan suara berasal dari High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP), yaitu program penelitian ionosfer milik Pemerintah Amerika Serikat. HAARP telah banyak dibahas sebagai objek teori konspirasi yang menganggapnya sebagai senjata Amerika Serikat untuk mengendalikan cuaca dunia.
Kejadian terdengarnya suara aneh dari langit juga sebelumnya pernah terjadi di kawasan Condet, Jakarta Timur, pada September 2015. Pada tahun yang sama, hal serupa juga terjadi di berbagai negara, seperti Jerman dan Amerika Serikat. Sebelumnya, juga sempat terjadi di Kota Terrace BC, Kanada, pada 29 Agustus 2013.
Menurut ahli Geologi Elchin Kaliov, suara misterius yang terdengar pada tahun 2015 lalu merupakan akibat gelombang akustik-gravitasi di bagian atas atmosfer dan ionosfer Bumi. Suara diakibatkan proses jilatan api matahari yang kuat dan arus energi yang besar saat bergegas menuju ke permukaan bumi. Namun, belum bisa dipastikan apakah teori Kaliov juga mampu menjelaskan kejadian di Pekalongan dan sekitarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: