Entertainment
·
29 Januari 2021 8:50

Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar

Konten ini diproduksi oleh Berita Heboh
Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar (31207)
Ilustrasi perempuan berpikir Foto: Shutterstock
Kalau kamu pernah tes IQ lalu angka hasilnya enggak setinggi teman-temanmu, enggak perlu khawatir! Sebab, kini tingginya angka IQ enggak jadi patokan kecerdasan seseorang, lho.
ADVERTISEMENT
Dilansir Bustle, seperti yang dipublikasikan British Journal of Psychology, ternyata banyak tanda yang dimiliki orang-orang cerdas namun nilai IQ-nya standar saja.
Lalu, apa saja tanda-tandanya? Disimak, ya, siapa tahu kamu salah satunya.
1. Kamu memiliki rasa penasaran yang tinggi
Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar (31208)
Jadi pintar enggak selalu berpatokan dengan kegemaran membaca buku. Salah satu ciri orang pintar itu, mereka suka ingin tahu mengapa, apa, bagaimana, sebuah hal bisa terjadi. Entah itu dalam konteks kemanusiaan, kultur, alam, atau sejarah. Hal inilah yang membuat mereka selalu berusaha mencari tahu jawaban atas pertanyaan mereka.
2. Kamu seorang yang suka mengobservasi
Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar (31209)
Kamu enggak asal menghakimi pendapat orang dan mengatakan bahwa dirimu benar. Kalau kamu seorang yang pintar, biasanya kamu lebih memilih untuk diam mendengarkan pendapat orang lain dan mengobservasi pendapatnya itu untuk mencari celah kebenaran atau kesalahan.
ADVERTISEMENT
3. Kamu bisa mengontrol dirimu
Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar (31210)
Ilustrasi meditasi Foto: Shutterstock
Kalau kamu bisa mengontrol dirimu sendiri, artinya kamu seorang yang pintar dan dewasa. Kamu bisa mengontrol emosimu padahal situasi di sekitarmu enggak kondusif, atau kamu bisa berpikir jernih dalam situasi yang padahal bisa membuat kamu panik.
4. Kamu mengingat dengan mudah
Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar (31211)
Ilustrasi otak manusia. Foto: Shutterstock
Kemampuan mengingat itu berkaitan erat dengan kepintaran seseorang. Kalau kamu fokus akan sesuatu dan mengingatnya serta memperhatikan, artinya kamu memiliki kepintaran kognitif di atas rata-rata.
5. Kamu memiliki empati dan simpati yang baik
Tak Hanya Diukur dari IQ Tinggi, Ini 5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar (31212)
Menurut Christine Scott-Hudson, seorang psikoterapis dari Create Your Life Studio, seorang yang pintar memiliki emosi yang baik juga. Semakin tinggi empati dan simpati kamu, artinya kamu semakin pintar.
ADVERTISEMENT
Intinya sih, kata hati sama kata pikiran itu harus sejalan, guys. Enggak baik kalau hanya memakai salah satu, nanti kehidupanmu malah jadi enggak seimbang.
Penulis: Stefanny Tjayadi