Pencarian populer
USER STORY

Tugu Photocopy di Sumatera Barat Viral di Medsos, Ini Alasannya Dibuat

Tugu Photocopy di Sumatera Barat. (foto: Twitter/@ririnyz)

Tugu merupakan bangunan yang dibuat untuk menjadi penanda suatu tempat hingga untuk memperingati peristiwa bersejarah tertentu. Tiap daerah biasanya memiliki tugu yang menjadi ciri khas tersendiri.

Daerah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat misalnya, memiliki sebuah tugu unik bernama Tugu Photocopy. Tugu ini dibangun pada tahun 2012, namun kembali jadi perbincangan setelah viral di media sosial Twitter.

Seorang pengguna Twitter dengan akun @ririnyz, mengaku takjub setelah mengetahui kampung halamannya memiliki tugu unik. Akun tersebut juga mengunggah unggah foto Tugu Fhotocopy yang memiliki bentuk layaknya mesin Fotokopi.

Tugu di daerah Nagari Atar dengan bentuk yang tidak biasa itu dibangun karena banyak dari muda-mudinya yang merantau untuk melanjutkan hidup. Sebagian besar dari para perantau akhirnya dari perantaunya memilih membuka usaha Fotokopi.

Jasa Fotokopi yang dimiliki masyarakat daerah tersebut pun tersebar di wilayah Sumatera dan Jawa. Tak hanya menjadi penyedia jasa Fotokopi, banyak pula masyarakat Atar yang telah menjadi penyedia dan pemasok mesin Fotokopi.

Merespons unggahan akun Twitter @ririnyz, banyak warganet yang mengaku baru mengetahui ada sebuah tugu bernama Photocopy dan memiliki bentuk mesin Fotokopi. Banyak pula yang mengaku akhirnya menyadari jika memang benar, bisnis jasa Fotokopi banyak dikelola masyarakat Minangkabau dari Sumatera Barat.

"Pantes kebanyakan tukang fotokopi itu orang Padang" tulis @tentryfuji

"Fotokopi ikut mencerdaskan bangsa kok. Anak mahasiswa mana yang enggak pernah punya bacaan fotokopian" tulis @Wenny_Rezki

"Wah iya hahaha. Terus pengusaha fotokopi dari Padang ini bisa dibilang menguasai Jawa Barat yah. Sampai di desa-desa ada orang Padang yang buka usaha fotokopi besar" tulis @selena_wahyuni

Warganet pun ikut membagikan tugu dan monumen khas dan unik dari daerah asal mereka.

Tugu Setum Jawa Barat

Monumen di Timika, Papua

Monumen di Kota Madiun

(rin)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23