Tips Berpuasa bagi Mahasiswa Aktif di Kampus

Institut Daarul Quran
Institut Daarul Quran (Idaqu) merupakan wujud komitmen Daarul Quran dalam mengembangkan dunia pendidikan untuk menyiapkan generasi masa depan yang tangguh dan profesional.
Konten dari Pengguna
23 Maret 2023 12:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Institut Daarul Quran tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : idaqu.ac.id
zoom-in-whitePerbesar
sumber : idaqu.ac.id
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan toksin dalam tubuh. Bagi kamu yang merupakan mahasiswa aktif di kampus, puasa bisa menjadi tantangan tersendiri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips berpuasa bagi mahasiswa aktif di kampus yang dapat membantu menjaga kesehatan dan produktivitas selama bulan Ramadan.
ADVERTISEMENT
1. Mulailah dengan Sahur yang Baik
Sahur adalah waktu makan sebelum waktu subuh yang menjadi awal puasa. Sahur sangat penting untuk membantu tubuh tetap bertenaga selama berpuasa. Pilihlah makanan yang bergizi dan mengandung banyak serat, protein, dan karbohidrat kompleks untuk menjaga stamina dan menghindari rasa lapar selama berpuasa.
2. Hindari Aktivitas Berat saat Siang Hari
Selama berpuasa, tubuh cenderung lelah dan kurang bertenaga. Untuk itu, hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat saat siang hari, seperti olahraga yang intens atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Lebih baik lakukan aktivitas yang ringan atau istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga.
3. Pilih Makanan yang Sehat dan Bergizi saat Berbuka
Saat berbuka puasa, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu tubuh memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan. Hindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, atau terlalu asin karena bisa membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan sakit perut.
ADVERTISEMENT
4.Minum Air Putih yang Cukup
Saat berpuasa, tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi. Pastikan untuk minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa, dan hindari minuman yang terlalu manis atau berkafein karena bisa membuat tubuh dehidrasi.
5. Jaga Keseimbangan antara Ibadah dan Aktivitas Kampus
Selama berpuasa, jangan lupakan kewajiban ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur'an, dan berdoa. Namun, jangan sampai mengabaikan aktivitas di kampus seperti kuliah, tugas, dan organisasi. Jaga keseimbangan antara ibadah dan aktivitas kampus untuk menjaga produktivitas dan kesehatan mental.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, mahasiswa aktif di kampus dapat menjalani puasa dengan lebih baik dan menjaga kesehatan serta produktivitas selama bulan Ramadan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, dan selamat berpuasa!
ADVERTISEMENT