kumparan
KONTEN PENGGUNA
26 Maret 2020 14:19

5 Tips Menghindari Panik Saat Belajar Mengemudi Mobil Manual

tranmisi manual.jpg
Transmisi mobil manual di Isuzu Panther Foto: Bangkit Jaya Putra
Mengendarai mobil dengan transmisi manual memang tidak semudah mobil bertransmisi matik. Sebab, saat belajar mobil manual kamu perlu terus mengimbangi kecepatan dengan kopling yang ada.
ADVERTISEMENT
Tujuannya agar tetap menjaga akselerasi mobil sesuai dengan performa yang diharapkan. Selain itu, responsif pada mobil manual juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil matik.
Kendati demikian, masih banyak orang menganggap mobil manual itu merepotkan dan membuat panik saat baru pertama kali mengemudikannya. Eits, tidak perlu khawatir, kamu bisa mengikuti tips-tips anti-panik berikut saat belajar mengemudikannya.

Pahami Beragam Fitur pada Mobil Manual

belajar mobil manual(1).jpg
Ilustrasi menggunakan rem kaki pada mobil. Foto: dok Istimewa
Mengetahui fitur pada mobil manual ini sangat penting. Kamu perlu mengetahuinya sebelum belajar mengemudi agar tak terjadi kesalahan yang tak perlu, seperti salah injak pedal gas.
Ingat posisi pedal gas yang berada di paling kanan. Lalu pedal rem berada di tengah, dan yang paling kiri adalah pedal kopling.
ADVERTISEMENT
Di sebelah kiri terdapat tuas transmisi dan rem tangan (rem parkir). Tuas transmisi berguna untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil. Lalu rem tangan merupakan alat yang digunakan saat berhenti atau parkir.

Atur Posisi Tempat Duduk

posisi duduk.jpg
Posisi mengemudi new Suzuki Carry Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Hal lain yang tak kalah penting yaitu mengatur posisi duduk ketika berkendara. Ini akan sangat memengaruhi kenyamanan pengemudi saat berkendara.
Pastikan jok berada pada ketinggian yang tepat. Tujuannya, agar kamu mendapat pandangan yang cukup luas dan tak terhalang dashboard mobil.
Sesuaikan juga jarak jok dengan pedal kopling, gas, dan rem. Pastikan jaraknya sudah tepat, tidak terlalu dekat atau jauh. Kamu juga perlu mengatur posisi sandaran leher sudah sesuai dengan yang kamu perlukan. Dengan kenyamanan saat berkendara, itu akan mengurangi kepanikan yang ada.
ADVERTISEMENT

Jalankan Perlahan Sesuai Kondisi Jalan

jalankan perlahan.jpg
Posisi tangan saat mengemudi Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Setelah mengetahui semua fungsi yang terdapat pada mobil manual dan mengatur posisi duduk sesuai kenyamanan, kini kamu siap untuk mulai berkendara. Tapi ingat, awali dengan perlahan ya.

Didampingi oleh Orang Berpengalaman

d.jpg
Ilustrasi belajar menyetir. Foto: Shutter Stock
Dengan didampingi oleh seseorang yang sudah berpengalaman, itu akan membuatmu merasa aman. Saat terjadi masalah pun, kamu tidak akan panik karena didampingi oleh orang yang memiliki jam terbang tinggi.

Sering-sering Berlatih

w.jpg
Ilustrasi jalan menurun. Foto: tacomadodge
Jika sudah bisa mengemudi dengan baik dan benar, ada baiknya kamu tak bosan untuk terus berlatih. Kamu perlu memperbanyak pengalaman jam mengemudi agar tak lupa dengan dasar-dasar yang sudah diberikan oleh instruktur mengemudi berpengalaman. (kur)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan