kumparan
Tekno & Sains23 Mei 2020 12:41

Via Teks, Ini Cara Sederhana Temukan History Web Safari di iPhone dan iPad

Konten kiriman user
Untitled Image
iPhone XS dan iPhone XS Max. Foto: Stephen Lam/Reuters
Tak jarang seseorang merasa kesulitan untuk menemukan informasi yang spesifik di dalam halaman Safari pada iPhone dan iPad. Apalagi saat mencari alamat website yang pernah kamu buka sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Tenang, ada solusi kok. Bahkan, ini sangat sederhana, hanya dengan teks menggunakan layar sentuh atau keyboard. Begini caranya.

Mencari Halaman Web dengan Layar Sentuh

Jika tidak memiliki keyboard yang terhubung ke iPhone atau iPad, kamu dapat melakukan pencarian dengan teks di halaman Safari menggunakan layar sentuh. Walau fitur tersebut berada di tempat yang tidak strategis, tapi teknik ini berfungsi di iPhone dan iPad.
Pertama, buka Safari dan ketuk pada kolom alamat di bagian atas layar. Keyboard akan muncul di bagian bawah layar serta alamat pada halaman web bakal tersorot. Jika mau, kamu dapat menghapus alamat dengan mengetuk tombol backspace pada keyboard (atau klik 'X' kecil di lingkaran samping alamat).
Ketik apa yang ingin dicari pada kolom tersebut. Di bagian 'On This Page' paling bawah layar akan terlihat jumlah kecocokan dengan tulisan 'Find' di depannya. Kamu bakal melihat salah satu halaman web jika memiliki beberapa kecocokan dan masih menampilkan kolom search di bagian paling bawah.
ADVERTISEMENT
Kamu dapat menelusuri hasil kecocokan lainnya dengan klik tanda panah ke atas dan bawah di sebelah kolom pencarian. Saat kamu selesai mencari, klik 'Done' di sudut kiri-bawah layar maka mode itu tertutup.

Cara Mencari Halaman Web Menggunakan Keyboard

Jika memiliki keyboard yang terhubung ke iPhone atau iPad, kamu dapat menggunakan pintasan untuk mencari di dalam halaman web. Tekan Command+F dan kolom pencarian akan muncul di bagian bawah.
Setelah kolom pencarian muncul, klik di kolom input teks dan ketikkan sesuatu yang ingin kamu cari. Kemudian browser akan menyoroti semua hasilnya.
Sama halnya ketika menggunakan layar sentuh. Kamu bisa melihat hasil lainnya dengan klik tanda panah ke atas dan bawah pada bagian kanan jika menemukan kecocokan lebih dari satu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan