Tekno & Sains
·
22 April 2020 16:47

Fungsi Refresh Rate pada Layar Smartphone, Seberapa Penting?

Konten ini diproduksi oleh Berita Tekno
Fungsi Refresh Rate pada Layar Smartphone, Seberapa Penting? (470921)
Ilustrasi layar smartphone. Foto: pixabay
Smartphone saat ini sudah didukung oleh tampilan visual yang sangat mumpuni. Komponen tersebut terdiri dari beberapa aspek, seperti jenis layar hingga kualitas refresh rate.
ADVERTISEMENT
Kini, sudah banyak berbagai jenis dan merek ponsel menawarkan refresh rate yang tinggi untuk menunjang tampilan layar, sehingga menjadi lebih halus hingga tanpa gangguan kedipan pada layar.
Refresh rate adalah kemampuan dari layar gadget seperti smartphone untuk melakukan beberapa kali layar me-refresh atau memindai ulang gambar per detik dalam satuan Hertz (Hz).
Singkatnya, semakin tinggi ukuran refresh rate pada layar smartphone akan menjanjikan tampilan gambar yang lebih tajam dan halus, serta nyaris tanpa gangguan.
Untuk ukuran refresh rate yang beredar pada smartphone berkisar pada 60 Hz, 90 Hz, dan 120 Hz. Memang bedanya dimana? Sederhananya, layar 60 Hz mampu menampilkan 60 gambar setiap detiknya, begitu juga layar 90 Hz dan 120 Hz, yang masing-masing mampu menampilkan gambar 90 dan 120 frame per detik.
ADVERTISEMENT
Semakin tinggi angka refresh rate maka akan semakin banyak gambar yang ditampilkan per detik. Saking cepatnya, gambar tersebut cenderung tak terlihat secara sadar oleh pengguna.
Selain itu, semakin tinggi refresh rate akan menjanjikan performa yang baik untuk tampilan visual dalam menonton film, video, hingga bermain game.
Sebaliknya, jika angka refresh rate pada ponsel semakin rendah, maka layar akan terlihat berkedip-kedip hingga bergelombang dan tidak nyaman digunakan. Hal ini dapat mengganggu mata dan menyebabkan sakit kepala lantaran tampilan yang mengganggu.
Seperti contohnya, saat bermain game dengan spesifikasi minimum yang tinggi dari segi kualitas grafis, tentu kita membutuhkan perangkat ponsel dengan refresh rate yang tinggi. Dalam permainan game tersebut, refresh rate akan berpengaruh langsung terhadap FPS atau frame per second.
ADVERTISEMENT
Jika ponsel mu punya layar dengan refresh rate 90 Hz maka saat game menampilkan konten dengan 90 fps gambar akan terlihat secara keseluruhan dan halus dari segi visual. Begitu pun pada saat menonton video.
Smartphone yang sudah menggunakan refresh rate yang tinggi diantaranya adalah Google Pixel 4XL, OnePlus 7 Pro, Asus ROG Phone 2, dan OPPO A92S yang baru rilis mendukung hingga 120 Hz. Sayangnya penggunaan layar dengan refresh rate tinggi dapat menguras lebih banyak baterai sehingga menjadi lebih boros.(fit)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white