News
·
17 April 2021 9:39

2 Doa Buka Puasa Ramadhan yang Sering Dibaca Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
2 Doa Buka Puasa Ramadhan yang Sering Dibaca Umat Muslim (220780)
Ilustrasi Doa Buka Puasa Ramadhan. Sumber: Ella Olsson-Unsplash.com
Berbicara tentang doa buka puasa Ramadhan memiliki beberapa perbedaan pendapat. Namun, hal yang perlu kita yakini adalah segala doa baik yang dipanjatkan hanya kepada Allah SWT maka itu sesuatu yang baik. Yuk, simak ulasan singkat tentang dua bacaan doa buka puasa yang sering dibaca oleh umat muslim berikut ini!
ADVERTISEMENT

2 Doa Buka Puasa Ramadhan

Doa pertama adalah doa yang sering disiarkan oleh media massa setelah adzan Maghrib berkumandang. Doa tersebut berbunyi,
1. Allaahumma laka shumtu wabika aamantu wa’ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamarrahimiin.
Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih”.
Syekh al-Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud beranggapan bahwa hadist tentang doa tersebut adalah dhaif. Sedangkan beberapa pandangan lainnnya menganggap bahwa doa “Allaahumma…” untuk berbuka puasa bersumber dari hadist yang lemah.
Kemudian, diketahui pula doa buka puasa yang shahih adalah sebagai berikut.
2. Dzahabazhzhamaa’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru InsyaAllah.
ADVERTISEMENT
Artinya: “Hilanglah dahaga, basahlah tenggorokan-tenggorokan, dan telah ada pahala, InsyaAllah”.
Ustaz Adi Hidayat dalam kanal YouTube-nya (17/5/19) menjelaskan bahwa keduanya boleh saja dibaca. Jadi, ketika berbuka puasa mulailah dengan membaca,
  1. basmalah “Bismillaahirrahmaanirahiim”
  2. “Dzahabazzhamaa’u…”
  3. “Allaaumma laka shumtu…”
Wallahu a’lam bish-shawab. Jika ada pendapat yang berbeda dengan pendapat kita janganlah serta merta menghakimi tanpa mencari tahu kebenarannya. Lalu bagaimana cara mencari tahu kebenaran itu?
Kita bisa belajar agama bersama gurunya baik ustaz maupun guru ngaji. Islam adalah agama yang indah dan selalu memberikan penjelasan yang masuk akal melalui Alquran dan hadist. Oleh karena itu, kita perlu terus belajar untuk memahaminya dengan baik. Semoga Allah mudahkan kita untuk senantiasa mempelajari agama-Nya. (AA)